PENGARUH SUDUT PUNTIR DAN KEMIRINGAN SUDUT BILAH TERHADAP DAYA PADA TURBIN ANGIN SUMBU HORIZONTAL


Febby Shofan Setiawan, 5212414067 (2020) PENGARUH SUDUT PUNTIR DAN KEMIRINGAN SUDUT BILAH TERHADAP DAYA PADA TURBIN ANGIN SUMBU HORIZONTAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SUDUT PUNTIR DAN KEMIRINGAN SUDUT BILAH TERHADAP DAYA PADA TURBIN ANGIN SUMBU HORIZONTAL]
Preview
PDF (PENGARUH SUDUT PUNTIR DAN KEMIRINGAN SUDUT BILAH TERHADAP DAYA PADA TURBIN ANGIN SUMBU HORIZONTAL) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Setiawan, F. S. 2020. Pengaruh Sudut Puntir dan Kemiringan Sudut Bilah Terhadap Daya pada Turbin Angin Sumbu Horizontal. Dony Hidayat Al-Janan, S.T., M.T., Ph.D. Program Studi Teknik Mesin. Ketergantungan akan energi fosil sebagai kebutuhan dasar manusia menimbulkan dampak yang negatif, oleh karena itu sekarang ini banyak yang mencari energi alternatif yang lebih ramah lingkungan, salah satunya yaitu turbin angin. Untuk mendapatkan peforma yang optimal penting untuk menguji bilah dalam turbin angin, hal itu dikarenakan bilah yang kontak langsung dengan angin. Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian menggunakan wind tunnel. Menggunakan tujuh variasi kecepatan angin. Bilah yang digunakan yaitu airfoil NACA 3612. Sudut puntir (twist) yang digunakan yaitu 0o,20o, 40o dan sudut kemiringan bilah (pitch) yang digunkan 0o,15o, dan 30o. Hasil penelitian menunjukkan pada sudut kemiringan 0o dengan sudut puntir 20o menghasilkan daya mekanikal tertinggi yaitu 19,28 watt yang berputar pada 877,4 rpm, turbin menghasilkan efisiensi sebesar 45,4% dengan nilai TSR 5,63 pada kecepatan angin 5,71 m/s turbin tersebut diuji menggunakan prony brake. Kunci: pitch angle, twist angle, turbin angin, prony brake.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pitch angle, twist angle, turbin angin, prony brake.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 29 Dec 2020 04:09
Last Modified: 29 Dec 2020 04:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42470

Actions (login required)

View Item View Item