PENGARUH PENAMBAHAN OCTANE BOOSTER DAN MINYAK ATSIRI DALAM BIOSOLAR TERHADAP PERFORMA MESIN DIESEL


Okky Husnan Arya Utomo, 5212414055 (2020) PENGARUH PENAMBAHAN OCTANE BOOSTER DAN MINYAK ATSIRI DALAM BIOSOLAR TERHADAP PERFORMA MESIN DIESEL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENAMBAHAN OCTANE BOOSTER DAN MINYAK ATSIRI DALAM BIOSOLAR TERHADAP PERFORMA MESIN DIESEL]
Preview
PDF (PENGARUH PENAMBAHAN OCTANE BOOSTER DAN MINYAK ATSIRI DALAM BIOSOLAR TERHADAP PERFORMA MESIN DIESEL) - Submitted Version
Download (801kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Utomo, Okky Husnan Arya, 2020. Pengaruh Penambahan Octane Booster dan Minyak Atsiri dalam Biosolar terhadap Performa Mesin Diesel. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Pembimbing (1) Samsudin Anis S.T., M.T., Ph.D. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan octane booster dan minyak atsiri dalam campuran biosolar terhadap performa mesin diesel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Bahan baku yang digunakan adalah octane booster dan minyak atsiri. Dalam penelitian ini dipaparkan hasil pengujian performa mesin diesel dengan menggunakan dinamometer dengan variasi bahan bakar minyak fraksi diesel dari octane booster dan minyak atsiri dalam campuran biosolar yang meliputi performa mesin diesel berupa torsi dan daya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis unjuk kerja mesin yang paling optimum dalam penggunaan variasi campuran minyak fraksi diesel dengan bisolar. Hasil penelitian menunjukkan campuran minyak biosolar dengan octane booster dan minyak atsiri berpengaruh pada torsi. Rerata torsi yang dihasilkan oleh mesin diessel telah meningkat setelah dilakukan penambahan octane booster dan minyak atsiri. Torsi yang dihasilkan oleh putaran mesin yang menjadi acuan peneliti yaitu 3500 rpm mengalami peningkatan yaitu sebesar 115,60 Nm dibandingkan dengan biosolar murni pada putaran mesin yang sama dengan 112,77 Nm yaitu pada campuran bahan bakar C4 dengan perbandingan 0,8% + 0,1%. Daya berbanding lurus dengan torsi, maka campuran minyak biosolar dengan octane booster dengan minyak atsiri mempengaruhi daya. Rerata daya yang diperoleh dalam mesin diesel meningkat setelah penambahan octane booster dan minyak atsiri. Daya putaran mesin hasil penelitian yang menjadi acuan peneliti yaitu 3500 rpm mengalami peningkatan yaitu sebesar 42,58 kW dibandingkan dengan biosolar murni pada perputaran mesin yang sama yaitu sebesar 41,34 kW yaitu pada campuran bahan bakar C3 dengan perbandingan 0,8% + 0,3%. Kata kunci: biosolar, octane booster, minyak atsiri, torsi dan daya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: biosolar, octane booster, minyak atsiri, torsi dan daya.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 29 Dec 2020 04:05
Last Modified: 29 Dec 2020 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42469

Actions (login required)

View Item View Item