PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BERBASIS RISET PAPARAN ROKOK SHISHA MATERI SISTEM REPRODUKSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA


Fadhilatunnisa Mufidah, 4401416095 (2020) PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BERBASIS RISET PAPARAN ROKOK SHISHA MATERI SISTEM REPRODUKSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Fadhilatunnisa Mufidah.pdf]
Preview
PDF
Download (633kB) | Preview
[thumbnail of PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BERBASIS RISET PAPARAN ROKOK SHISHA MATERI SISTEM REPRODUKSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BERBASIS RISET PAPARAN ROKOK SHISHA MATERI SISTEM REPRODUKSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA)
Download (633kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Mufidah, Fadhilatunnisa. 2020. Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Berbasis Riset Paparan Rokok Shisha Materi Sistem Reproduksi Sebagai Sumber Belajar Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Lisdiana, M.Si. Biologi merupakan mata pelajaran yang dalam proses pembelajarannya memerlukan adanya beberapa komponen yang mendukung dalam belajar. Salah satu komponennya yaitu sumber belajar. Kurangnya sumber belajar tentunya akan berkaitan dengan hasil belajar yang akan diperoleh. Mengacu pada KD 3.12 dan 4.12 terutama pada K.D 4.12 salah satu kompetensi yang harus dimiliki peserta didik yaitu mampu menganalisis kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan Sistem Reproduksi. Menganalisis penyakit dilakukan dengan membahas lebih dalam mengenai kerusakan yang terjadi pada salah satu organ reproduksi tersebut, oleh karena itu diperlukan adanya sumber belajar baru yang lebih kontekstual untuk memahami materi tanpa perlu melakukan penelitian terhadapnya, salah satunya yaitu dengan dikembangkannya suplemen bahan ajar berbasis riset. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan suplemen bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dari Sugiyono (2015) yang telah dimodifikasi. Suplemen bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan peserta didik yang dilakukan disalah satu sekolah di Kota Semarang. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa suplemen bahan ajar berbasis riset layak dan efektif digunakan sebagai sumber belajar siswa SMA. Hasil validitas materi dan media berada dalam kriteria sangat valid dengan skor masing-masing sebesar 85% dan 96,875%, sedangkan tanggapan siswa dan guru berada dalam kriteria tingkat keterbacaan yang baik masing-masing diperoleh skor rata-rata siswa 88,4% dan keterbacaan guru sebesar 80%. Bahan ajar yang dikembangkan juga efektif, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan klasikal kelas yang diperoleh sebesar 83% dan peningkatan hasil uji N-gain yaitu terdapat 80% siswa yang memperoleh skor N-gain dengan kriteria sedang hingga tinggi. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa suplemen bahan ajar berbasis riset yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Suplemen bahan ajar, sistem reproduksi, sumber belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Suplemen bahan ajar, sistem reproduksi, sumber belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 29 Dec 2020 03:22
Last Modified: 29 Dec 2020 03:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42449

Actions (login required)

View Item View Item