PENGEMBANGAN LKPD BERPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 03 CILACAP
Mila Nur Syarifah, 4401416010 (2020) PENGEMBANGAN LKPD BERPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 03 CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN LKPD BERPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 03 CILACAP)
- Submitted Version
Download (622kB) | Preview |
Abstract
Syarifah, Mila Nur. 2020, Pengembangan LKPD Berpendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di MAN 03 Cilacap. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Prof. Dr. Retno Sri Iswari S.U. Kata Kunci: Pendekatan CTL, Perubahan Lingkungan, Kelayakan dan Kepraktisan Inovasi LKPD merupakan salah satu alternatif dalam melengkapi bahan ajar pada pembelajaran kurikulum 2013. Proses pembelajaran akan lebih bermakna jika LKPD yang digunakan mengangkat materi yang bersifat kontekstual. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kelayakan dan kepraktisan LKPD berpendekatan CTL pada materi perubahan lingkungan sebagai salah satu bahan ajar dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (RnD) oleh Sugiyono (2015) yang telah dimodifikasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar angket keterbacaan LKPD oleh peserta didik, lembar angket kepraktisan oleh guru dan peserta didik, serta pedoman wawancara. Validitas materi memperoleh skor sebesar 82,14% dengan kriteria sangat layak dan menunjukan kesesuaian antara materi yang disajikan dengan pendekatan CTL. Validitas media memperoleh skor 94,6% dengan kriteria sangat layak dan menunjukan kesesuaian aspek kegrafikan serta bahasa. Hasil uji keterbacaan oleh peserta didik menunjukan skor sebesar 75,2% dengan kriteria layak. Hasil penilaian kepraktisan LKPD oleh guru mencapai skor 95,83% dengan kriteria sangat praktis dan oleh peserta didik mencapai skor 76,23% dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berpendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dikembangkan sangat layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan CTL, Perubahan Lingkungan, Kelayakan dan Kepraktisan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > Special Education > Biology Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 29 Dec 2020 03:01 |
Last Modified: | 29 Dec 2020 03:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42447 |
Actions (login required)
View Item |