PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 16 SEMARANG MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI


Devi Amiratul Asvia, 4301416036 (2020) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 16 SEMARANG MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH  PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA HASIL BELAJAR  SISWA KELAS X SMAN 16 SEMARANG MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI]
Preview
PDF (PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 16 SEMARANG MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Asvia, Devi Amiratul. (2020). “Pengaruh Problem Based Learning Terintegrasi Model Numbered Heads Together Pada Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 16 Semarang Materi Reaksi Reduksi Oksidasi”. Skripsi, Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Sri Mursiti, M.Si. Kata Kunci: problem based learning; numbered heads together; hasil belajar; reaksi reduksi oksidasi. Latar belakang pada penelitian ini adalah kurangnya variasi dalam pembelajaran membuat siswa belum mendapatkan metode yang efektif untuk memahami materi kimia, sehingga tingkat pemahaman siswa masih rendah dan minat belajar siswa yang kurang membuat siswa kurang berpartisipasi aktif pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learning (PBL) terintegrasi model numbered heads together (NHT) pada hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Desain penelitian adalah posttest control group design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 16 Kota Semarang. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal tes pilihan ganda, instrumen lembar observasi, dan instrumen angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Hasil analisis menunjukan adanya pengaruh penerapan PBL terintegrasi model NHT pada hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan uji statistik menunjukan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Rata-rata nilai pada ranah kognitif kelas nilai kelas eksperimen adalah 78,61 dan kelas kontrol sebesar 71,75. Penerapan problem based learning terintegrasi model numbered heads together pada kelas eksperimen memperoleh angka korelasi sebesar 0,42 dan koefisien determinasi sebesar 17%. Hasil belajar afektif dan psikomotorik kelas eksperimen mencapai kriteria baik hingga sangat baik dan persentase banyaknya siswa yang mencapai kriteria baik hingga sangat baik lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis tahap akhir dapat disimpulkan model pembelajaran PBL terintegrasi NHT berpengaruh pada hasil belajar siswa. Kata Kunci: hasil belajar; numbered heads together; problem based learning; reaksi reduksi oksidasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; numbered heads together; problem based learning; reaksi reduksi oksidasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:53
Last Modified: 29 Dec 2020 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42444

Actions (login required)

View Item View Item