PENGEMBANGAN ALAT PERAGA UJI DAYA HANTAR LISTRIK BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC DAN MENGUJI PENGARUHNYA TERHADAP LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK


Anggreny br Pandia, 4301416022 (2020) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA UJI DAYA HANTAR LISTRIK BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC DAN MENGUJI PENGARUHNYA TERHADAP LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN ALAT PERAGA UJI DAYA HANTAR LISTRIK BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC  DAN MENGUJI PENGARUHNYA TERHADAP LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA UJI DAYA HANTAR LISTRIK BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC DAN MENGUJI PENGARUHNYA TERHADAP LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK) - Submitted Version
Download (807kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Pandia, Anggreny br. (2020). Pengembangan Alat Peraga Uji Daya Hantar Listrik Berbasis Science Technology Engineering and Mathematic dan Menguji Pengaruhnya Terhadap Literasi Kimia Peserta Didik . Skripsi, Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Woro Sumarni, M.Si. Kata Kunci: Alat Peraga, STEM, Literasi Kimia, Elektrolit Pendayagunaan alat peraga sebagai alat bantu ajar dalam pembelajaran, membuat pembelajaran lebih bermakna, sehingga peserta didik aktif dengan menggunakan alat dan bahan bahan disekitar lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga uji daya hantar listrik berbasis Science Technology Engineering and Mathematic (STEM) untuk membekali literasi kimia peserta didik di SMA Kesatrian 1 Semarang. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan desains 4 tahap, yaitu : tahap pendefinisian (Difine), tahap perancangan (Disign), tahap pengembangan (Develop) dan tahap penyebaran (Desseminate) . Uji skala kecil dilakukan pada 10 orang mahasiswa kimia UNNES 2016, Uji skala besar penelitian ini adalah peserta didik kelas X, dibagi menjadi 2 kelas yaitu sebanyak 30 peserta didik X IPA 3 (kelas eksperimen) dan 32 peserta didik X IPA2 (kelas kontrol). Metode pengumpulan data dilakukan denga dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data, analisis kelayakan alat peraga dengan validasi ahli media, analisis uji coba skala kecil mengetahui keterbacaan alat peraga, dan analisis uji coba skala besar untuk mengetahui kelayakan alat peraga setelah dilakukan revisi berdasarkan analisi uji skala kecil dan melihat pengaruhnya terhadap peningkatan literasi kimia peserta didik. Hasil uji kelayakan alat peraga menurut ahli media sebesar 75% dan hasil uji coba skala kecil sebesar 79% keduanya memperoleh kriteria layak. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain Score tersebut menunjukkan bahwa nilai rata rata N-Gain Score untuk kelas eksperimen (pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM)) adalah sebesar 0.715 termasuk dalam kategori tinggi. Sementara untuk rata rata N-Gain Score untuk kelas kontrol (metode konvensional) adalah sebesar 0.511 dan termasuk dalam kategori sedang. Hasil tersebut membuktikan bahwa diperoleh produk media alat peraga yang teruji kelayakannya dan berpengaruh terhadap literasi kimia peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, STEM, Literasi Kimia, Elektrolit
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Q Science > QD Chemistry > Chemical Engineering
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:50
Last Modified: 29 Dec 2020 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42442

Actions (login required)

View Item View Item