PROFIL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MITIGASI BENCANA KEKERINGAN DI KOTA SEMARANG


Rina Puji Wijayanti, 4201416066 (2020) PROFIL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MITIGASI BENCANA KEKERINGAN DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROFIL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MITIGASI BENCANA KEKERINGAN DI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PROFIL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MITIGASI BENCANA KEKERINGAN DI KOTA SEMARANG) - Submitted Version
Download (626kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Wijayanti, Rina Puji. 2020. Profil Literasi Sains Peserta Didik pada Mitigasi Bencana Kekeringan di Kota Semarang. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Pembimbing: Dr. Budi Astuti, M.Sc. Kata kunci: literasi sains, mitigasi bencana, kekeringan Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan profil literasi sains peserta didik pada mitigasi bencana kekeringan di Kota Semarang dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi literasi sains peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah mix methods sequential explanatory dengan desain penelitian one shot case study pre-experimental design. Penelitian ini menggunakan dua SMA sebagai subjek penelitian yaitu SMA Negeri 15 Semarang sebagai sekolah yang dekat dengan bencana kekeringan dan SMA Negeri 9 Semarang sebagai sekolah yang jauh dari bencana kekeringan dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes, angket, dan wawancara yang diuji dengan teknik expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil literasi sains peserta didik pada mitigasi bencana kekeringan di SMA dekat dengan bencana kekeringan lebih rendah daripada SMA jauh dari bencana kekeringan, namun kedua sekolah tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap literasi sains peserta didik adalah peserta didik kurang terbiasa dengan mengerjakan soal-soal berbasis literasi sains, minimnya pembahasan dan tidak adanya bahan ajar yang memuat tentang fenomena alam, kurangnya pengalaman peserta didik terhadap bencana yang terjadi, dan kurangnya informasi bencana kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: literasi sains, mitigasi bencana, kekeringan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:36
Last Modified: 29 Dec 2020 02:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42436

Actions (login required)

View Item View Item