PENGEMBANGAN LKPD ETNOSAINS TERINTEGRASI SOAL THREE TIERS BERBANTUAN GOOGLE FORM PADA MATERI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA UNTUK MENINGKATKAN DAN MENGUJI KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK


Muhammad Naufal Yasin, 4301416060 (2020) PENGEMBANGAN LKPD ETNOSAINS TERINTEGRASI SOAL THREE TIERS BERBANTUAN GOOGLE FORM PADA MATERI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA UNTUK MENINGKATKAN DAN MENGUJI KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LKPD ETNOSAINS TERINTEGRASI SOAL THREE TIERS BERBANTUAN GOOGLE FORM PADA MATERI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA UNTUK MENINGKATKAN DAN MENGUJI KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LKPD ETNOSAINS TERINTEGRASI SOAL THREE TIERS BERBANTUAN GOOGLE FORM PADA MATERI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA UNTUK MENINGKATKAN DAN MENGUJI KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK)
Download (603kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Yasin, Muhammad Naufal. 2020. Pengembangan LKPD Etnosains Terintegrasi Soal Three Tiers Berbantuan Google Form pada Materi Redoks dan Tata Nama Senyawa untuk Meningkatkan dan Menguji Keterampilan Berfikir Kreatif Peserta Didik Skripsi, Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Prof. Dr. Sudarmin, M.Si. Kata Kunci: Berfikir Kreatif, Etnosains, LKPD Aspek kemampuan berfikir kreatif adalah aspek yang sangat mempengaruhi kemampuan problem solving dan rasa ingin tahu peserta didik. Pada praktiknya aspek berfikir kreatif seringkali terpinggirkan dalam materi sains. Padahal aspek berfikir kreatif bisa ditingkatkan dengan berbagai metode yang relevan dengan materi sains seperti materi kimia. Metode peningkatan berfikir kreatif yang dimaksud seperti dengan pembelajaran kimia berbasis lingkungan sekitar dan pembelajaran berbasis proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji sejauh mana penggunaan LKPD kimia berpendekatan etnosains yang terintegrasi soal open ended google form untuk meningkatkan dan menguji kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Hal ini juga dikarenakan LKPD dan soal model ini dianggap menjadi salah satu solusi yang baik digunakan selama masa pandemi. Penelitian ini menggunakan desain tes-retest tanpa kelas kontrol, dan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes pilihan ganda tiga tingkat dan angket respon peserta didik terhadap LKPD. Kemudian diperoleh peningkatan kriteria kemampuan menemukan seluruh jawaban sebesar 26,67%. Kemampuan memberi jawaban dengan alur berfikir yang relevan sebesar 2,76%. Keluwesan dalam mengambil resiko sebesar 26,67%. Kemampuan memecahkan soal open ended sebesar 17,17%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Berfikir Kreatif, Etnosains, LKPD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 28 Dec 2020 06:43
Last Modified: 28 Dec 2020 06:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42425

Actions (login required)

View Item View Item