PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELATIHAN SOFT SKILL SENTUHAN ENERGI JIWA (SEJIWA) PADA KARYAWAN


Fatin Salsabila Imtinan DM, 1201415069 (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELATIHAN SOFT SKILL SENTUHAN ENERGI JIWA (SEJIWA) PADA KARYAWAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELATIHAN SOFT SKILL SENTUHAN ENERGI JIWA (SEJIWA) PADA KARYAWAN]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELATIHAN SOFT SKILL SENTUHAN ENERGI JIWA (SEJIWA) PADA KARYAWAN) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pelatihan sentuhan energi jiwa (SEJIWA) membantu karyawan untuk mengembangkan soft skill yang berhubungan dengan pengelolaan pola pikir yang sehat, sehingga dapat menangani stress dengan sendirinya. Untuk tercapainya pembelajaran pelatihan yang menciptakan karyawan yang memiliki pola pikir sehat tidak terlepas dari pelaksanaan pelatihan dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pelatihan sentuhan energi jiwa (SEJIWA) pada karyawan, (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran pelatihan sentuhan energi jiwa (SEJIWA) pada karyawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini terdiri dari pengelola Yayasan SEJIWA, instruktur pelatihan, dan 3 peserta pelatihan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran dilaksanakan 7-8 jam dalam satu hari, materi pembelajaran meliputi materi dasar hingga materi praktik, metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, praktik dan dialog interaktif, modul/media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran yaitu LCD, proyektor dan alat yang digunakan untuk praktik. Pada tahap evaluasi pembelajaran yang diterapkan lebih menekankan pada perubahan sikap dan perilaku serta keterampilan yang dimiliki oleh peserta pelatihan. Ada pula faktor pendukung dan faktor penghambat selama pelaksanaan pembelajaran. Faktor penghambat meliputi: alokasi waktu yang sempit serta waktu yang digunakan dalam pembelajaran terlalu fleksibel. Dan faktor pendukungnya adalah metode yang sesuai dengan materi pembelajaran, instruktur yang kompeten serta peserta pelatihan yang aktif dalam pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini pada pelaksanaan pembelajaran pelatihan yang diselenggarakan untuk mengubah cara pandang masyarakat mengenai diri dengan pola pikir positif untuk kehidupan sehari-hari, kemudian jumlah peserta yang tidak tetap setiap pelatihannya dan pelatihan yang terlaksana sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran pelatihan SEJIWA. Pelaksanaan pembelajaran pelatihan pada penelitian ini terdapat faktor penghambat dan faktor pendukung. Saran untuk lembaga selanjutnya bisa menyusun jadwal sesuai dengan materi yang selalu berkembang sehingga dapat menyampaikan materi dengan maksimal, dan peningkatan peserta pelatihan yang lebih disiplin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pelatihan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Dec 2020 04:23
Last Modified: 28 Dec 2020 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42407

Actions (login required)

View Item View Item