Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Sekolah, dan Emosional Terhadap Kepuasan Peserta Didik
Ayuni Tri Hayanti, - and Nanik Suryani, - and Fahrur Rozi, FE Pendidikan Ekonomi (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Sekolah, dan Emosional Terhadap Kepuasan Peserta Didik. Economic Education Analysis Journal, 8 (3). pp. 1260-1274. ISSN 2252-6544
Preview |
PDF
- Published Version
Download (309kB) | Preview |
Preview |
PDF
- Published Version
Download (63kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan, citra sekolah, dan emosional terhadap kepuasan peserta didik kelas XI di SMK Taman Siswa Banjarnegara. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 237 peserta didik pada kelas XI di SMK Taman Siswa Banjarnegara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain kausalitas. Total sampel 149 peserta didik dengan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Secara simultan kualitas pelayanan, citra sekolah, dan emosional berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik kelas XI di SMK Taman Siswa Banjarnegara sebesar 65,9%. Kemudian berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik sebesar 6,25%, citra sekolah berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik sebesar 19,80%, dan emosional berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik sebesar 13,99%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Service Quality, School Image, Emotional, Students Satisfaction. |
Subjects: | L Education > Educational Institutions > school management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 28 Dec 2020 02:56 |
Last Modified: | 28 Dec 2020 02:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42398 |
Actions (login required)
View Item |