PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA TIGA TINGKAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA MAN BLORA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI


Laily Ika Fitriani, 4201416014 (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA TIGA TINGKAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA MAN BLORA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA TIGA TINGKAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA MAN BLORA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA TIGA TINGKAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA MAN BLORA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI) - Submitted Version
Download (759kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

LAILY IKA FITRIANI. 2020. Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Pilihan Ganda Tiga Tingkat untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Siswa MAN Blora pada Materi Gelombang Bunyi. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Dosen pembimbing : Dr. Ngurah Made Darma Putra, M.Si. Kata kunci : Tes diagnostik, pemahaman konsep, gelombang bunyi Tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat merupakan salah satu instrumen tes yang berfungsi sebagai diagnosa. Tier pertama berbentuk pilihan ganda biasa dengan empat pilihan jawaban yang berfungsi untuk menilai pengetahuan atau pemahaman konsep peserta didik, tier kedua berbentuk alasan terhadap pilihan jawaban pada soal tier pertama yang berfungsi untuk menilai pola pikir peserta didik, sementara tier ke tiga berbentuk derajat keyakinan yang disesuaikan dengan keriteria CRI. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat pada materi gelombang bunyi. Prosedur penelitian ini menggunakan model 4D (four-D models). Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Namun, penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap develop (pengembangan). Hasil instrumen yang dikembangkan terdiri dari kisi-kisi tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat, petunjuk pengerjaan, instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat, pedoman penskoran, dan pedoman interpretasi hasil. Reliabilitas instrumen untuk soal sebesar 0,61 dan untuk alasan sebesar 0,67 sehingga instrumen dinyatakan reliabel. Hasil penelitian dan pengujian data profil pemahaman konsep siswa yang teridentifikasi yaitu sebanyak 35,62 % siswa paham konsep, 11,09 % tidak paham konsep, dan 53,28 % siswa miskonsepsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tes diagnostik, pemahaman konsep, gelombang bunyi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 24 Dec 2020 11:10
Last Modified: 24 Dec 2020 11:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42383

Actions (login required)

View Item View Item