PENGEMBANGAN MODUL EKSPERIMEN FISIKA BERBASIS ANALISIS VIDEO PADA TOPIK MEKANIKA UNTUK SISWA SMA


Ardiansyah Pratama, 4201413093 (2020) PENGEMBANGAN MODUL EKSPERIMEN FISIKA BERBASIS ANALISIS VIDEO PADA TOPIK MEKANIKA UNTUK SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL EKSPERIMEN FISIKA BERBASIS ANALISIS VIDEO PADA TOPIK MEKANIKA UNTUK SISWA SMA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODUL EKSPERIMEN FISIKA BERBASIS ANALISIS VIDEO PADA TOPIK MEKANIKA UNTUK SISWA SMA) - Submitted Version
Download (552kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Pratama, A. 2020. Pengembangan Modul Eksperimen Fisika Berbasis Analisis Video Pada Topik Mekanika Untuk Siswa SMA, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Sugiyanto, M. Si. dan Pembimbing Pendamping Dr. Eko Sunyoto, M. Si. Kata kunci : Modul Eksperimen, Gerak Proyektil, Analisis Video Kegiatan eksperimen selama ini masih banyak di lakukan secara konvensional dan belum menggunakan sarana prasarana pendukung dengan maksimal, mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran fisika. Pembelajaran fisika juga dapat memanfaatkan perkembangan teknologi, salah satunya dengan menggunakan metode eksperimen berbasis analisis video yang didukung dengan menggunakan software Tracker. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul eksperimen berbasis analsis video yang dapat digunakan untuk meningkatan pemahaman siswa. Metode penelitian ini yaitu Research and Development. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tahap awal penelitian ini dimulai dengan melakukan observasi awal untuk mengetahui kendala dan kondisi siswa, selanjutnya mengembangkan desain serta dilakukan pengujian sebelum di implementasi. Tahap akhir dilakukan evaluasi untuk mengetahui respon terhadap kelayakan modul eksperimen berbasis analisis video. Hasil uji kelayakan modul eksperimen berbasis analisis video pada topik mekanika oleh ahli mendapatkan penilaian dengan presentase skor pada aspek kelayakan isi sebesar 90,28%, aspek kelayakan penyajian grafis sebesar 89,81% dan aspek kebahasaan sebesar 93,75%, secara keseluruhan mendapatkan skor 91,28% dengan kriteria sangat layak. Penelitian ini juga menilai aspek kognitif siswa yaitu mengukur adanya peningkatan pemahaman siswa pada materi gerak proyektil, hasil penilaian aspek kognitif siswa menunjukan peningkatan sedang dengan skor 0,5 dengan kategori sedang. Hasil implementasi modul mendapatkan respon yang baik dengan mencakup tiga aspek yaitu aspek penggunaan, aspek pembelajaran dan pemahaman serta aspek penyajian. Secara keseluruhan respon yang diberikan siswa menunjukan kritera layak, dengan nilai sebesar 74, 39 %. Selanjutnya, modul ini diharapkan dapat menunjang pembelajaran fisika khususnya pada eksperimen fisika, serta dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul Eksperimen, Gerak Proyektil, Analisis Video
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 24 Dec 2020 10:58
Last Modified: 24 Dec 2020 10:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42382

Actions (login required)

View Item View Item