KEEFEKTIFAN CONSTRUCTIVE FEEDBACK DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN RASA INGIN TAHU SISWA


Mardiyani Puspita Arum, 4101416031 (2020) KEEFEKTIFAN CONSTRUCTIVE FEEDBACK DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN RASA INGIN TAHU SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN CONSTRUCTIVE FEEDBACK DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN RASA INGIN TAHU SISWA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN CONSTRUCTIVE FEEDBACK DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN RASA INGIN TAHU SISWA) - Submitted Version
Download (894kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Arum, Mardiyani Puspita. 2020. Keefektifan Constructive Feedback dalam Pembelajaran Problem Based Learning pada Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Rasa Ingin Tahu siswa. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Prof. Dr. Kartono, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah pembelajaran Problem Based Learning dengan Constructive Feedback efektif pada pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode penelitian ini adalah mixed methods atau penelitian metode kombinasi. Desain untuk penelitian ini menggunakan sequential explanatory dengan bentuk posttest only control design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Semarang. Pengambilan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara acak kelas yaitu kelas VIII H sebagai kelas kontrol dan kelas VIII I sebagai kelas eksperimen. Pemilihan subjek dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dimana subjek yang dipilih yaitu 2 subjek pada kategori rasa ingin tahu tinggi, 2 subjek pada kategori rasa ingin tahu tingkat sedang, dan 2 subjek pada kategor rasa ingin tahu tingkat rendah. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes tertulis kemampuan berpikir kreatif matematis, pengisian angket rasa ingin tahu, dan wawancara subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran PBL dengan constructive feedback dikatakan efektif pada peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (2) deskripsi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berdasarkan rasa ingin tahu diperoleh bahwa dengan rasa ingin tahu tinggi dapat memenuhi empat indikator berpikir kreatif matematis, siswa dengan rasa ingin tahu tingkat sedang dapat memenuhi dua sampai tiga indikator kemampuan berpikir kreatif, dan siswa dengan rasa ingin tahu tingkat rendah dapat memenuhi dua sampai satu indikator kemampuan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 24 Dec 2020 10:36
Last Modified: 24 Dec 2020 10:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42380

Actions (login required)

View Item View Item