PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY BERBANTUAN ELEKTRONIK-LKPD TERINTEGRASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK


Tri Murtiani, 4001416008 (2020) PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY BERBANTUAN ELEKTRONIK-LKPD TERINTEGRASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY BERBANTUAN ELEKTRONIK-LKPD TERINTEGRASI GOOGLE CLASSROOM  TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY BERBANTUAN ELEKTRONIK-LKPD TERINTEGRASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK) - Submitted Version
Download (720kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Murtiani, Tri. 2020 Pengaruh Model Guided Inquiry Berbantuan Elektronik-LKPD Terintegrasi Google Classroom Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Literasi Digital Peserta Didik. Skripsi, Jurusan IPA Terpadu, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Muhamad Taufiq, S. Pd., M.Pd Kata Kunci: E-LKPD, Google Classroom, Keterampilan Proses Sains, Literasi Digital Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided inquiry berbantuan E- LKPD terintegrasi google classroom terhadap keterampilan proses sains (KPS) dan literasi digital. Desain penelitian yang digunakan adalah experimental research dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group. Pemilihan sampel dilakukan secara random sampling. Didapatkan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E kelas kontrol. Metode pengambilan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, dan angket. Data KPS diperoleh menggunakan tes dan observasi, sedangkan literasi digital menggunakan angket tanggapan peserta didik. Data dianalisis menggunakan analisis pengaruh antar variabel, dan penentuan koefisien determinasi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata keterampilan proses sains kelas kontrol 67% sedangkan kelas eksperimen 75%. Hasil analisis pengaruh antar variabel menghasilkan nilai koefisien korelasi biserial sebesar 0,85 dengan kategori sangat baik dan besarnya pengaruh yang diberikan adalah 72%. Hasil pengaruh angket literasi digital dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,78 dengan kategori kuat dan besarnya pengaruh 62% serta memiliki rata-rata angket literasi digital 71% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan guided inquiry berbantuan E- Lembar Kerja Peserta Didik terintegrasi google classroom berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan literasi digital pada materi cahaya dan alat optik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Google Classroom, Keterampilan Proses Sains, Literasi Digital
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 24 Dec 2020 10:23
Last Modified: 24 Dec 2020 10:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42379

Actions (login required)

View Item View Item