STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK BAMBANG KUSRIYANTO DALAM PEMILIHAN UMUM ANGGOTA DPRD PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2019


NIKEN DWI PALUPI, 3312416025 (2020) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK BAMBANG KUSRIYANTO DALAM PEMILIHAN UMUM ANGGOTA DPRD PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK BAMBANG KUSRIYANTO DALAM PEMILIHAN UMUM ANGGOTA DPRD PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2019]
Preview
PDF (STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK BAMBANG KUSRIYANTO DALAM PEMILIHAN UMUM ANGGOTA DPRD PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2019) - Submitted Version
Download (629kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Palupi, Niken Dwi. 2020.Strategi Komunikasi Politik Bambang Kusriyanto dalam Pemilihan Umum Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019. Jurusan Politik dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Nugraheni Arumsari, S. Sos., M.I.Kom. 194halaman Kata kunci : Bambang Kusriyanto, Strategi, Komunikasi Politik. Pemilihan umum merupakan sarana yang digunakan untuk memilih wakil rakyat salah satunya adalah calon legislatif (caleg). Sebelum proses pemilu tentunya calon legislatif (caleg) harus memiliki komunikasi politik yang menjadi karakteristik yang membedakan caleg tersebut sehingga dapat terpilih. Seperti Bambang Kusriyanto yang saat ini berhasil menduduki jabatan sebagai Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Periode 2019-2024. Ketua DPRD memiliki peran penting untuk mengontrol jalannya pemerintahan daerah. Keberhasilannya dalam Pemilu 2019 di latar belakangi strategi komunikasi politik saat kampanye dan proses marketing politik yang baik. Tujuan dari penelitian adalah (1) Mengetahui strategi komunikasi politik Bambang Kusriyanto dalam pemilu calon legislatif 2019, (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari komunikasi politik yang dilakukan Bambang Kusriyanto. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di Kabupaten Semarang. Tekhnik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi.Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1) Bambang Kusriyanto melaksanakan komunikasi politik dengan merawat ketokohan dengan membangun imagedisiplin dan merakyat dengan pembuatan Posko BK untuk menampung dana aspirasi, yang kedua yaitu dengan menciptakan kebersamaan dengan memahami khalayak dengan mengikuti kegiatan masyarakat, partai serta menyampaikan pesan politiknya melalui media bahilo, spanduk dan facebook. Dan terakhir yaitu membangun konsensus dengan menjaga hubungan dengan basis massa, struktural partai dan tokoh-tokoh yang berpengaruh(2) Bentuk marketing politik yang dilakukan digunakan untuk memasarkan startegi komunikasi politik kemasyarakat agar mempermudah dalam memperoleh perolehan suara masyarakat (3) Faktor pendukung yaitu track record dan dukungan dari partai dan tim pemenangan. Sedangkan faktor penghambat yaitu Tim pemenangan tidak sistematis dan kurang efektifnya Bambang Kusriyanto dalam penggunaan media sosial. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yakni (1) Bambang Kusriyanto seharusnya memiliki tim pemenangan yang terstruktur sehingga dalam proses kampanye terorganisir sesuai dengan kapabilitas masing-masing anggota. (2) Bambang Kusriyanto dan tim pemenangan perlu melakukan kampanye secara merata disetiap daerah pemilihan 2 serta perlu penggunaan media secara efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bambang Kusriyanto, Strategi, Komunikasi Politik.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 24 Dec 2020 08:56
Last Modified: 24 Dec 2020 08:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42373

Actions (login required)

View Item View Item