PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENGEMBANGAN PARIWISATA KREATIF DESTINASI DIGITAL PASAR KALANGON DI DESA KRADENAN KECAMATAN KRADENAN KABUPATEN GROBOGAN
Ainun Nafi’ah, 3201416009 (2020) PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENGEMBANGAN PARIWISATA KREATIF DESTINASI DIGITAL PASAR KALANGON DI DESA KRADENAN KECAMATAN KRADENAN KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENGEMBANGAN PARIWISATA KREATIF DESTINASI DIGITAL PASAR KALANGON DI DESA KRADENAN KECAMATAN KRADENAN KABUPATEN GROBOGAN)
- Submitted Version
Download (776kB) | Preview |
Abstract
Nafi’ah, Ainun..2020. Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengembangan Pariwisata Kreatif Destinasi Digital Pasar Kalangon di Desa Kradenan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr.Rahma Hayati, S.Si.,M.Si. 226 Halaman. Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Pariwisata Kreatif, Pengembangan Destinasi Digital. Adanya perubahan pada sektor pariwisata memunculkan trend yang disebut Tourism Megatrends. Trend tersebut direspon oleh Kementerian Pariwisata dengan mengeluarkan strategi pemasaran pariwisata yaitu 100 Digital Destination and Nomadic Tourism. Strategi ini berupa konsep Destinasi Digital yang berwujud Pasar Digital. Kabupaten Grobogan memiliki Destinasi Digital yaitu Pasar Digital yang bernama Pasar Kalangon. Tujuan adanya Pasar Kalangon ini sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk :1) Mengetahui tingkat partisipasi masyarakat, 2) Mengetahui faktor yang berhubungan dengan tingkat partisipasi pada pengembangan pariwisata kreatif destinasi digital Pasar Kalangon, 3) Mengetahui strategi pengembangan destinasi digital Pasar Kalangon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Variabel penelitian ini yaitu tingkat partisipasi masyarakat, faktor internal dan eksternal masyarakat, serta strategi pengembangan destinasi digital.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase, korelasi rank spearman dan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan responden yang digunakan adalah purposive proporsional sedangkan untuk informan menggunakan snowball sampling yang diawali dari Aparat Sekretaris Desa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat partisipasi masyarakat Desa Kradenan termasuk kategori sedang dengan persentase sebesar 66,48%. Faktor umur, tingkat pendidikan, lamanya tinggal, jenis pekerjaan, komunikasi, kebebasan berprakarsa dan berkreasi memiliki hubungan yang signifikan sedangkan faktor kepemimpinan tidak memiliki hubungan signifikan dengan tingkat partisipasi. Strategi pengembangan destinasi digital Pasar Kalangon berdasarkan portofolio yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata yaitu strategi pemasaran dan promosi dengan pendekatan DOT, BAS dan POS belum diterapkan secara maksimal oleh pengelola Pasar Kalangon. Saran yang diberikan untuk Pengelola agar mempersiapkan strategi untuk mengatasi tantangan yang akan datang dari segi fasilitas melalui pengembangan sarana prasarana dan pelayanan serta dapat memaksimalkan portofolio strategi pengembangan dari Kementerian Pariwisata khususnya pada strategi media hal ini karena Pasar Kalangon merupakan destinasi digital sehingga strategi media adalah modal utama untuk memperkenalkan Pasar Kalangon ke masyarakat luas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi Masyarakat, Pariwisata Kreatif, Pengembangan Destinasi Digital. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Ecotourism L Education > Special Education > Geography Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 24 Dec 2020 07:54 |
Last Modified: | 24 Dec 2020 07:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42368 |
Actions (login required)
View Item |