PENGARUH ENVIRONMENTAL KNOWLEDGE DAN ENVIRONMENTAL VALUE TERHADAP ENVIRONMENTAL BEHAVIOR PADA SANTRI PONDOK PESANTREN DI KAWASAN UNNES
Mohammad Syifauddin, 3201416005 (2020) PENGARUH ENVIRONMENTAL KNOWLEDGE DAN ENVIRONMENTAL VALUE TERHADAP ENVIRONMENTAL BEHAVIOR PADA SANTRI PONDOK PESANTREN DI KAWASAN UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH ENVIRONMENTAL KNOWLEDGE DAN ENVIRONMENTAL VALUE TERHADAP ENVIRONMENTAL BEHAVIOR PADA SANTRI PONDOK PESANTREN DI KAWASAN UNNES)
- Submitted Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Syiauddin, Mohammad. 2020. Pengaruh Environmental Knowledge dan Environmental Value terhadap Environmental Behavior pada Santri Pondok Pesantren di Kawasan UNNES. Skripsi. Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing: Edi Kurniawan, S.Pd., M.Pd. 190 halaman. Kata Kunci: Ekoteologi Islam, Environmental Behavior, Environmental Knowledge, Environmental Value, Pondok Pesantren. Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai universitas konservasi telah mengimplementasikan pendidikan konservasi untuk seluruh civitas akademika. Akan tetapi program pendidikan konservasi yang diimplementasikan oleh UNNES masih belum menghasilkan perubahan perilaku pro lingkungan pada mahasiswa secara optimal. Oleh karena itu, untuk mencapai visinya, UNNES bekerjasama dengan berbagai pihak salah satunya yaitu pondok pesantren di kawasan UNNES. Upaya UNNES untuk menggandeng pondok pesantren di kawasan UNNES dalam program konservasi merupakan langkah yang tepat karena pola pendidikan pesantren yang unik dengan berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam akan memberikan pengalaman nyata bagi santri dalam pendidikan lingkungan yang berbasis spiritualitas dan ketuhanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat environmental knowledge, environmental value, dan environmental behavior pada santri pondok pesantren di kawasan UNNES serta menganalisis pengaruh environmental knowledge dan environmental value terhadap environmental behavior pada santri pondok pesantren di kawasan UNNES. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel bebas berupa environmental knowledge dan environmental value serta variabel terikat berupa environmental behavior. Sampel penelitian terdiri atas 208 santri pondok pesantren di kawasan UNNES yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas teknik analisis deskriptif persentase dan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa santri pondok pesantren di kawasan UNNES memiliki tingkat environmental knowledge dan environmental value yang sangat tinggi, serta tingkat environmental behavior yang tinggi. Kemudian, berdasarkan analisis regresi, environmental knowledge dan environmental value berpengaruh signifikan terhadap variabel environmental behavior secara simultan dengan tingkat pengaruh sebesar 10,5 % atau berada pada kategori rendah. Akan tetapi, secara parsial diperoleh hasil bahwa hanya variabel environmental value yang berpengaruh signifikan terhadap environmental behavior. Hasil ini menunjukkan relevansi dengan teori Planned Behavior bahwa perilaku peduli lingkungan lebih banyak dipengaruhi oleh sikap daripada pengetahuan, dan terdapat faktor lain yaitu berupa norma sosial serta kontrol perilaku. Saran dalam penelitian ini adalah UNNES dan pondok pesantren di kawasan UNNES harus selalu bahu-membahu untuk mewujudkan pendidikan lingkungan yang berkualitas sehingga dapat menciptakan mahasiswa dan santri yang memiliki karakter peduli lingkungan yang baik. Saran untuk penelitian perilaku peduli lingkungan selanjutnya sebaiknya tidak hanya melibatkan satu atau dua faktor pediktor saja namun melibatkan lebih banyak faktor prediktor sehingga menghasilkan temuan yang lebih berkualitas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekoteologi Islam, Environmental Behavior, Environmental Knowledge, Environmental Value, Pondok Pesantren. |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Islamic Boarding School L Education > Special Education > Geography Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 24 Dec 2020 07:39 |
Last Modified: | 24 Dec 2020 07:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42367 |
Actions (login required)
View Item |