KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN HUMANIS BERBANTUAN E-LEARNING PADA SISWA SMP NEGERI 6 SEMARANG


Adhel Grace Nasenda, 4101416072 (2020) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN HUMANIS BERBANTUAN E-LEARNING PADA SISWA SMP NEGERI 6 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN  CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN HUMANIS BERBANTUAN  E-LEARNING PADA SISWA SMP NEGERI 6 SEMARANG]
Preview
PDF (KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN HUMANIS BERBANTUAN E-LEARNING PADA SISWA SMP NEGERI 6 SEMARANG)
Download (834kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Nasenda, Adhel Grace. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Pendekatan Humanis Berbantuan E-Learning Pada Siswa SMP Negeri 6 Semarang. Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Dr. Wardono, M.Si. Kata Kunci: literasi matematika, creative problem solving, pendekatan humanis, e-learning Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 6 Semarang, menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII masih rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan literasi matematika akan diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan pendekatan humanis berbantuan E-Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pembelajaran model Creative Problem Solving dengan pendekatan humanis berbantuan E-Learning berkualitas, dan (2) mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa yang mendapat model Creative Problem Solving pendekatan humanis berbantuan E-Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi (mixed methods) dengan desain campuran tidak berimbang (concurrent embedded design) dengan metode kuantitatif sebagai metode primer. Penelitian ini menggunakan true experimental design dengan the randomized pretest-posttest control group design, dimana terdapat dua kelompok yang mana satu kelompok yang diberi perlakuan disebut kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak diberi perlakuan disebut kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi tes, observasi, angket, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini meliputi dua analisis, yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Materi yang dikaji pada penelitian ini adalah teorema Phytagoras. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solving dengan pendekatan humanis berbantuan E-Learning pada tahap perencanaan/persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran memenuhi kriteria baik; (2) siswa dengan kemampuan literasi matematika tinggi, teridentifikasi memiliki kemampuan literasi matematika yang sangat baik dan baik; pada siswa dengan kemampuan literasi yang sedang, teridentifikasi memiliki kemampuan literasi matematika yang sangat baik, baik, dan cukup baik; pada siswa dengan kemampuan literasi yang rendah, teridentifikasi memiliki kemampuan literasi matematika yang baik pada suatu komponen, dan cukup baik untuk beberapa komponen, namun untuk komponen lainnya masih kurang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: literasi matematika, creative problem solving, pendekatan humanis, e-learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 23 Dec 2020 22:14
Last Modified: 23 Dec 2020 22:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42362

Actions (login required)

View Item View Item