PENGEMBANGAN LEMBAR PERMASALAHAN BERBASIS PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII


Endah Lusiatri, 4101416015 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR PERMASALAHAN BERBASIS PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR PERMASALAHAN BERBASIS  PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR PERMASALAHAN BERBASIS PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Lusiatri, E. 2020. Pengembangan Lembar Permasalahan Berbasis Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi), M. Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Permasalahan, Model Eliciting Activities. Lembar Permasalahan merupakan bentuk lain dari Lembar Kerja Siswa (LKS) yang disusun khusus dalam pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs). Permasalahan dalam kehidupan sehari-hari disajikan dalam Lembar Permasalahan ini agar siswa dapat menyelesaikannya dalam bentuk pemodelan matematika. Pengembangan Lembar Permasalahan berbasis pembelajaran MEAs dirasa perlu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D Models atau Model 4P. Namun, penelitian ini hanya melalui tiga tahapan, yaitu 1) Pendefinisian (Define); 2) Perancangan (Design); dan 3) Pengembangan (Develop). Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa Lembar Permasalahan layak digunakan dalam pembelajaran dengan presentase rata-rata sebesar 87,11%. Selain itu, keterbacaan Lembar Permasalahan diuji menggunakan Cochran Test dan diperoleh hasil yang berarti siswa mempunyai pemahaman yang sama terhadap Lembar Permasalahan yang diberikan. Setelah mendapatkan e-hak cipta dari Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual, Lembar Permasalahan berbasis pembelajaran MEAs siap digunakan untuk tahap selanjutnya, yaitu ujicoba dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Permasalahan, Model Eliciting Activities.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 23 Dec 2020 21:56
Last Modified: 23 Dec 2020 21:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42360

Actions (login required)

View Item View Item