EKSISTENSI USAHA BENSIN BOTOLAN DI TENGAH MARAKNYA USAHA POM MINI DI KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Titi Cahyaningrum, 3401416022 (2020) EKSISTENSI USAHA BENSIN BOTOLAN DI TENGAH MARAKNYA USAHA POM MINI DI KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EKSISTENSI USAHA BENSIN BOTOLAN DI TENGAH MARAKNYA USAHA POM MINI DI KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (EKSISTENSI USAHA BENSIN BOTOLAN DI TENGAH MARAKNYA USAHA POM MINI DI KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG)
Download (890kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Cahyaningrum, Titi. 2020, Eksistensi Usaha Bensin Botolan di Tengah Maraknya Usaha Pom Mini di Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jurusan Sosiologi dan Antropologi FIS UNNES. Pembimbing Dr. Atika Wijaya, S.AP., M.Si. 101 halaman. Kata Kunci : Bensin botolan, Eksistensi, Persaingan usaha, dan Pom mini. Universitas Negeri Semarang memberikan dampak pada peningkatan jumlah penduduk dan penggunaan kendaraan bermotor. Pertambahan tersebut membuat jumlah konsumsi bensin meningkat pula. Masyarakat Kelurahan Sekaran memanfaatkannya untuk membuka usaha bensin botolan dan berkembang menjadi pom mini seiring berkembangnya teknologi. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui tanggapan penjual bensin botolan terhadap maraknya usaha pom mini, 2) preferensi konsumen dalam memilih membeli bensin botolan, dan 3) faktor yang melatarbelakangi penjual bensin botolan dapat bertahan di tengah maraknya usaha pom mini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Pilihan Rasional James S. Coleman yang melihat bahwa aktor dipandang sebagai makhluk yang memiliki pilihan tertentu untuk mencapai tujuannya. Dan juga perlu menjalin hubungan resiprositas untuk saling menguntungkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Subjek penelitian ini adalah penjual bensin botolan, pengusaha pom mini, dan konsumen bensin eceran di Kelurahan Sekaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah dengan tahap pralapangan, tahap di lapangan, tahap analisis data, pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tanggapan penjual bensin botolan yang menganggap usaha pom mini di Kelurahan Sekaran tidak begitu berdampak pada penjualan bensin botolan dan saling melakukan relasi usaha, akan tetapi terdapat penjual bensin botolan yang juga merasa khawatir akan merugikan penjualan bensin botolan, bahkan terdapat penjual bensin botolan yang harus beralih ke usaha lain karena tidak dapat bersaing dengan usaha pom mini. Preferensi konsumen dalam membeli bensin di penjual bensin botolan yaitu harga bensin botolan yang lebih murah daripada di pom mini, kedekatan jarak, sikap penjual yang ramah, dan bentuk penjualan. Penjual bensin botolan memiliki faktor yang melatarbelakangi agar dapat bertahan di tengah maraknya usaha bensin botolan dengan memberikan harga yang murah, menggunakan sistem langganan, warung yang menarik, dan memberikan pelayanan lebih sehingga konsumen tetap membeli di bensin botolan dan penjual bensin botolan dapat bertahan. Saran bagi penjual bensin botolan dan pengusaha pom mini untuk tetap saling menjalin hubungan yang baik dan melakukan persaingan yang sehat dan agar lebih menonjolkan modal sosialnya untuk memperluas jaringan dengan konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Bensin botolan, Eksistensi, Persaingan usaha, dan Pom mini.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 23 Dec 2020 21:41
Last Modified: 23 Dec 2020 21:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42358

Actions (login required)

View Item View Item