EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI POKOK MOBILITAS SOSIAL PADA KELAS VIII SMPN 41 KOTA SEMARANG TAHUN 2019


Dwi Wahyu Prasetyo Aji, 3201413025 (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI POKOK MOBILITAS SOSIAL PADA KELAS VIII SMPN 41 KOTA SEMARANG TAHUN 2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201413025.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran dapat meningkatkan proses belajar siswa dalam pembelajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar yang dicapainya. SMP N 41 Kota Semarang memiliki alat penunjang untuk memaksimalkan kurikulum K13 didalam pembelajaran, dimana disetiap kelasnya terdapat alat-alat media visual digital. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat efektivitas penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok mobilitas sosial pada kelas VIII SMP N 41 Kota Semarang? (2) Seberapa pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok mobilitas sosial pada kelas VIII SMP N 41 Kota Semarang? Tujuan dari mengetahui tingkat efektivitas dan pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yang dilakukan di SMPN 41`Kota Semarang. Sasaran dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII materi pokok mobilitas sosial. populasi dalam penelitain ini adalag semua kelas VIII SMP 41 Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa. dalam Teknik pengumpulan data yaitu dengan obsevasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian berupa (1) peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok mobilitas sosial menggunakan media audio visual sebesar 9,25%. Peningkatan nilai terjadi pada nilai terendah dari 55 menjadi 65, nilai tertinggi dari 90 menjadi 95 dan kenaikan nilai rata-rata kelas dari 70,94 menjadi 77,75. (2) pengaruh dalam penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa sebesar 9,6% pada mata pelajaran IPS materi pokok mobilitas sosial. Simpulan penelitian ini adalah pembelajran menggunakan media audio visual secara efektif dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Saran penelitian ini adalah para guru hendaknya menggunakan media Audio Visual dalam Pembelajaran IPS materi mobilitas sosial karena metode ini sangat membantu siswa dalam menerima pelajaran dikelas

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Media Audio Visual.
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 23 Dec 2020 07:50
Last Modified: 23 Dec 2020 07:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42350

Actions (login required)

View Item View Item