Pengaruh Penggunaan Media VCD dan CD Game Terhadap Prestasi Belajar Materi Sistem Periodik Unsur Dan Struktur Atom Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Kersana Brebes

Ari Hendriayana , 4314000027 (2006) Pengaruh Penggunaan Media VCD dan CD Game Terhadap Prestasi Belajar Materi Sistem Periodik Unsur Dan Struktur Atom Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Kersana Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Penggunaan Media VCD dan CD Game Terhadap Prestasi Belajar Materi Sistem Periodik Unsur Dan Struktur Atom Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Kersana Brebes) - Published Version
Download (17Kb)

    Abstract

    Hendriayana, Ari. 2006. Pengaruh Penggunaan Media VCD dan CD Game Terhadap Prestasi Belajar Materi Sistem Periodik Unsur Dan Struktur Atom Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Kersana Brebes. Skripsi. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Drs. Jumaeri, M.Si., II. Drs. Subiyanto HS, M.Si. Kata kunci: media VCD pembelajaran dan CD Game, Sistem Periodik Unsur Dan Struktur Atom Perkembangan teknologi komputer yang pesat memungkinkan produk program komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Produk tersebut antara lain VCD pembelajaran dan CD Game. Keduanya dapat dijadikan media pembelajaran sehingga materi pembelajaran sistem periodik unsur dan struktur atom yang abstrak menjadi lebih nyata dan lebih mudah dipahami. Penggunaan kedua media ini dapat membawa siswa lebih aktif dan termotivasi dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini diharapkan dapat membantu tercapainya ketuntasan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester 1 SMA Negeri 1 Kersana Brebes tahun ajaran 2005/2006 yang terdiri dari 5 kelas. Kelas X-2 dan X-3 diambil sebagai sampel dengan teknik cluster random sampling. Instrumen tes untuk penelitian sebanyak 30 soal telah diujicobakan terlebih dahulu. Eksperimen dilakukan dengan memberikan tes awal pada kedua kelas diikuti dengan proses pembelajaran dan tes akhir. Kelas eksperimen diberi proses pembelajaran dengan menggunakan media VCD Pembelajaran dan CD Game, sedangkan kelas kontrol diberi proses pembelajaran dengan metode konvensional. Setelah melalui proses pembelajaran, kedua kelas mengalami peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil uji T memperoleh Thitung sebesar 2,694 lebih besar daripada nilai Ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kedua kelas berbeda secara signifikan. Hasil uji ketuntasan kelas eksperimen diperoleh Thitung 3,54 lebih besar daripada Ttabel berarti telah mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh Thitung -0,111 lebih kecil daripada Ttabel berarti belum mencapai ketuntasan belajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa dengan pembelajaran menggunakan media VCD pembelajaran dan CD Game dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih besar dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional. Media VCD pembelajaran dan CD Game dapat disarankan untuk digunakan sebagai sarana penunjang keberhasilan proses pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: media VCD pembelajaran dan CD Game, Sistem Periodik Unsur Dan Struktur Atom
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 19 Sep 2011 23:42
    Last Modified: 19 Sep 2011 23:43

    Actions (login required)

    View Item