PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN TERHADAP PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN PADA PENGRAJIN KAIN KELAMBU DI KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PUBALINGGA


Priyo Purwanto, 3201414112 (2020) PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN TERHADAP PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN PADA PENGRAJIN KAIN KELAMBU DI KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PUBALINGGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201414112.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan industri kelambu yang belum disertai dengan pengolahan limbah yang baik memunculkan suatu masalah pencemaran lingkungan demikian ini juga terjadi di daerah penelitian. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan lingkungan pengrajin kain kelambu, proses perolehan bahan baku dan pemanfaatan limbah dan perilaku peduli lingkungan pengrajin kain kelambu di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Populasi dalampenelitian ini berjumlah 150. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumla sampel 60 pengrajin kelambu. variabel penelitian ada dua yaitu pengetahuan lingkungan dan perilaku peduli lingkungan pada pengajin kain kelambu. teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan pengrajin kain kelambu termasuk kriteria baik (58,33%), dan sebagian lainnya berkriteria sedang (41,67%). Pengrajin kain kelambu pada proses perolehan bahan baku berperilaku baik (29,7%), pada pengolahan bahan baku pengrajin berperilaku kurang baik (53,43%), sementara pada proses dan pemanfaatan limbah kain kelambu pengrajin memiliki perilaku cukup baik (54,46%). Pada perilaku peduli lingkungan para pengrajin kain kelambu termasuk dalam kriteria cukup baik (91,67%). Pengrajin kain kelambu kurang aktif dalam mengikuti sosialisasi dan pelatihan mengenai pengelolaan limbah kelambu. terlebih dalam pengolaan limbah, sebagian besar limbah suda dikelola oleh pemilik usaha kain kelambu dengan mengumpulkannya untuk dijual kembali kepada tengkulak yang memanfaatkannya menjadi isian Kasur lantai pada industri kasur lantai sementara limbah kecil pada pengrajin belum dapat dimanfaatkan kembali. Hasil uji nilai koefisien korelasi untuk mengetahui pengaruh pengetahuan terhadap perilaku menunjukkan adanya korelasi sebesar 0,008 yang mengandung pengertian bahwa pengetahuan lingkungan berpengaru kecil terhadap perilaku peduli lingkungan dengan kekuatan 0,8%. Simpulan yang dapat ditangkap adalah: 1). Pengetauan lingkungan pengrajin kain kelambu cukup baik, 2) perolehan bahan baku, proses dan pemanfaatan limbah kain kelambu tergolong cukup baik, 3). Perilaku peduli lingkungan pada pengrajin kelambu tergolong dalam kriteria cukup baik. 4). Ada pengaruh pengetahuan lingkungan terhadap perilaku peduli lingkungan yang kecil pada pengrajin kain kelambu di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Lingkungan, Perilaku Peduli Lingkungan, Pengerajin Kain Kelambu.
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 23 Dec 2020 07:43
Last Modified: 23 Dec 2020 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42347

Actions (login required)

View Item View Item