PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS EDMODO DAN MODEL PEMBELAJARAN DI KELAS REGULER PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 PAMOTAN TAHUN AJARAN 2019/2020


Kukun Puji Lestari, 3201415008 (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS EDMODO DAN MODEL PEMBELAJARAN DI KELAS REGULER PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 PAMOTAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201415008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penggunaan model dan media pembelajaran geografi di SMA N 1 Pamotan yang kurang inovatif, serta pemanfaatan fasilitas yang kurang maksimal menyebabkan sebagian besar rata-rata nilai siswa belum mencapai KKM. Model dan media pembelajaran yang inovatif perlu diterapkan untuk peningkatan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan model blended learning berbasis edmodo dan model pembelajaran di kelas reguler pada mata pelajaran geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pamotan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 Pamotan yang berjumlah 176 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran blended learning berbasis edmodo dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas reguler. Variabel penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan model pembelajaran blended learning berbasis edmodo dan hasil belajar siswa di kelas reguler. Teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji Independent Sample T-test diperoleh thitung > ttabel karena 4.707 > 1.99495 maka H0 ditolak dan Ha diterima, jadi terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan model blended learning berbasis edmodo dan hasil belajar kelas reguler. Dengan melihat mean pada group statistic sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran blended learning berbasis edmodo lebih tinggi (79,81) dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelas reguler (71,42). Saran, model pembelajaran blended learning berbasis edmodo perlu diterapkan oleh guru sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran geografi, kemudian untuk pihak sekolah perlu diadakan pelatihan mengenai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran guna meningkatkan keteranpilan guru dalam bidang IT, serta perlu meningkatkan sarana dan prasarana di sekolah guna menunjang proses pembelajaran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan, Blended Learning, Edmodo, Hasil Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 23 Dec 2020 07:38
Last Modified: 23 Dec 2020 07:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42343

Actions (login required)

View Item View Item