PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN METODE CERAMAH BERVARIASI DAN OUTDOOR STUDY MATERI PENELITIAN GEOGRAFI KELAS X MAN 1 PEKALONGAN


Tanti Marsidah, 3201415012 (2020) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN METODE CERAMAH BERVARIASI DAN OUTDOOR STUDY MATERI PENELITIAN GEOGRAFI KELAS X MAN 1 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201415012.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode ceramah bervariasi mata pelajaran geografi di MAN 1 Pekalongan menyebabkan pembelajaran kurang aktif dan berdampak pada hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Hal ini dibuktikan dengan data hasil belajar peserta didik yang sebagian besar nilai rata-rata siswa belum mencapai KKM. Metode yang inovatif perlu diterapkan untuk peningkatan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian yaitu menjelaskan perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode ceramah variasi dengan metode outdoor study pada materi penelitian geografi, dan menganalisis kendala dalam pelaksanaan ceramah variasi dan outdoor study pada bab penelitian geografi di MAN 1 Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS MAN 1 Pekalongan. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan simple random sampling. Variabel penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan pembelajaran metodeceramah bervariasi dan metode outdoor study materi penelitian geografi kelas X. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, tes, angket dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis uji normalitas, homogenitas, uji persamaan dua rata-rata (t-test), uji peningkatan hasil belajar (N-Gain) dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 0,29%, sedangkan kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 0,43% sehingga dapat disimpulkan kelas eksperimen lebih baik dibanding dengan kelas kontrol. Kendala pembelajaran ceramah variasi menurut guru yaitu ada beberapa peserta didik yang tidak mengikuti pembelajaran diskusi dengan baik, sedangkan kendala mengenai pembelajaran outdoor study menurut guru adalah pengkondisian peserta didik saat dalam perjalanan menuju lokasi pembelajaran kurang kondusif. Saran, metode outdoor study perlu diterapkan oleh guru sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran geografi dan untuk manejemen waktu dalam pelaksanaan outdoor study perlu dipersiapkan dengan matang agar berjalan sesuai dengan alokasi waktu yang telah ditentukan. Sedangkan untuk metode ceramah perlu divariasikan dengan pembelajaran yang lebih inovatif sehingga membangkitkan siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Ceramah Bervariasi, Outdoor Study, Kendala
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 23 Dec 2020 07:33
Last Modified: 23 Dec 2020 07:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42342

Actions (login required)

View Item View Item