HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU KEBERSIHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 BALAPULANG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2019


Mumtaz Linawati, 3201415020 (2020) HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU KEBERSIHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 BALAPULANG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201415020.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Upaya pelestarian lingkungan diperoleh melalui jenjang pendidikan namun nilai atau hasilnya tidak bisa diperoleh dalam jangka waktu pendek. Kesadaran siswa tergolong rendah seperti meninggalkan sampah dan buku dilaci meja dan perilaku pelestarian lingkungan hidup yang rendah seperti tidak terdapat organisasi pecinta lingkungan, pengelolaan bank sampah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan, perilaku siswa dalam menjaga kebersihan dan pelestarian lingkungan hidup, hubungan antara pengetahuan dengan perilaku kebersihan dan pelestarian lingkungan hidup. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 Balapulang sebanyak 142. Subjek penelitian berjumlah 64 siswa. Penentuan sampel menggunakan Proportional Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa: tes, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Teknik analisis menggunakan deskriptif persentase dan analisis korelasi product moment dengan menggunakan alat bantu SPSS. Hasil penelitian menyatakan bahwa tingkat pengetahuan pelestarian lingkungan hidup siswa dalam kategori baik dengan rata-rata 81%, dikarenakan siswa mengikuti pembelajaran melalui materi Pelestarian Lingkungan Hidup. Tingkat perilaku siswa dalam menjaga kebersihan dan pelestarian lingkungan hidup memiliki rata-rata 65% dalam kategori cukup. Hubungan pengetahuan dengan perilaku kebersihan dan pelestarian lingkungan hidup setelah diuji dengan korelasi product moment dapat diketahui rhitung = 0,519. Terdapat hubungan positif antara pengetahuan dengan perilaku kebersihan dan pelestarian lingkungan hidup. Simpulan, tingkat pengetahuan siswa dalam kategori baik sebesar 81%, tingkat perilaku siswa dalam kategori cukup sebesar 65%, terdapat hubungan antara pengetahuan dengan perilaku sebesar 0,514 termasuk dalam korelasi sedang. Saran, penelitian perlu dilanjutkan dengan menambahkan dua faktor yang belum diteliti yaitu jenis kelamin agar hubungan yang diperoleh sangat kuat serta sekolah hendaknya menekankan program Adiwiyata agar perilaku siswa dalam menjaga kebersihan dan pelestarian meningkat demi terciptanya pembangunan berwawasan lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Perilaku, Kebersihan, Pelestarian Lingkungan Hidup
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 23 Dec 2020 07:32
Last Modified: 23 Dec 2020 07:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42340

Actions (login required)

View Item View Item