PERENCANAAN INTERNALISASI NILAI – NILAI KEPAHLAWANAN JENDERAL SUDIRMAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA
Zaenul Rahman, 3101416025 (2020) PERENCANAAN INTERNALISASI NILAI – NILAI KEPAHLAWANAN JENDERAL SUDIRMAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PERENCANAAN INTERNALISASI NILAI – NILAI KEPAHLAWANAN JENDERAL SUDIRMAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA)
- Submitted Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rahman, Zaenul. 2020. Perencanaan Internalisasi Nilai-Nilai Kepahlawanan Jenderal Sudirman dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Islam Sudirman Ambarawa. Pembimbing : Tsabit Azinar Ahmad, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Perencanaan Internalisasi Nilai - Nilai, Kepahlawanan, Jenderal Sudirman Pendidikan sejarah melalui materi – materi sejarah pada KD 3.10 memiliki peran penting sebagai sumber belajar dan sumber informasi yang sangat dibutuhkan keberadaannya oleh peserta didik sebagai agent of change apalagi saat ini tengah berada di era globalisasi. Dalam melakukan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah diperlukan perencanaan yang baik dan matang agar mendapatkan hasil yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai – nilai kepahlawanan Jenderal Sudirman dalam pembelajaran sejarah, untuk mendeskripsikan perencanaan internalisasi nilai–nilaikepahlawanan Jenderal Sudirman dalam pembelajaran sejarah, dan untuk menganalisis hambatan dalam perencanaan internalisasi nilai–nilai kepahlawanan Jenderal Sudirman. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Informan dalam penelitian ini, guru sejarah dan peserta didik kelas XI IPS SMA Islam Sudirman Ambarawa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan kajian dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian ini guru dan peserta didik mengetahui nilai–nilaiyang dimiliki oleh Jenderal Sudirman. Nilaiyang dimaksud nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Perencanaan internalisasi nilai–nilaikepahlawanan Jenderal Sudirman belum secara tersurat dicantumkan didalam perangkat pembelajaran, akan tetapi sudah diinternalisasikan melalui pembelajaran sejarah dan didukung dengan kebudayaan sekolah. Hambatan dalam perencanaan internalisasi nilai–nilaikepahlawanan Jenderal Sudirman meliputi kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan materi, guru kurang kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan sarana dan prasarana sertamemanajemen kelas, kurangnya motivasi peserta didik dalam memahami materi pembelajaran sejarah. Saran untuk guru yaitu mengembangkan lagi perencanaan perangkat pembelajaran seperti Silabus dan RPP melalui pelatihan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Internalisasi Nilai - Nilai, Kepahlawanan, Jenderal Sudirman |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > Special Education > History Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 23 Dec 2020 06:58 |
Last Modified: | 23 Dec 2020 06:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42329 |
Actions (login required)
View Item |