TINGKAT PENGETAHUAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PELAKSANAAN APLIKASI SALINMAS DI KELURAHAN SOKANEGARA DAN KEDUNGWULUH KABUPATEN BANYUMAS


Ryan Marwanti, 3201416006 (2020) TINGKAT PENGETAHUAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PELAKSANAAN APLIKASI SALINMAS DI KELURAHAN SOKANEGARA DAN KEDUNGWULUH KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TINGKAT PENGETAHUAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PELAKSANAAN APLIKASI SALINMAS DI KELURAHAN SOKANEGARA DAN KEDUNGWULUH KABUPATEN BANYUMAS]
Preview
PDF (TINGKAT PENGETAHUAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PELAKSANAAN APLIKASI SALINMAS DI KELURAHAN SOKANEGARA DAN KEDUNGWULUH KABUPATEN BANYUMAS)
Download (686kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Marwanti, Ryan. 2020. Tingkat Pengetahuan dan Partisipasi Masyarakat terhadap Pelaksanaan Aplikasi SalinMas di Kelurahan Sokanegara dan Kedungwuluh Kabupaten Banyumas. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Ir. Ananto Aji, M.S. 161 halaman. Kata Kunci: Pengetahuan, Partisipasi, Aplikasi SalinMas Aplikasi SalinMas merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan managemen layaknya di bank, akan tetapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah yang ada di Kabupaten Banyumas. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Menguraikan pelaksanaan Aplikasi SalinMas dalam mengatasi permasalahan sampah di Kelurahan Sokanegara dan Kedungwuluh, (2) Mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat tentang pelaksanaan Aplikasi SalinMas di Kelurahan Sokanegara dan Kedungwuluh, (3) Mengetahui tingkat partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan Aplikasi SalinMas di Kelurahan Sokanegara dan Kedungwuluh, (4) Menganalisis kendala dalam pelaksanaan Aplikasi SalinMas di Kelurahan Sokanegara dan Kedungwuluh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rumah tangga yang terdapat di masing-masing rukun warga yang sudah melaksanakan Aplikasi SalinMas (Kelurahan Sokanegara dan Kedungwuluh) dengan jumlah 390 rumah tangga. Sampel ditentukan menggunakan purposive sampling dengan mengambil 15% dari populasi yaitu sebanyak 58 sampel. Variabel yang diteliti yaitu pengetahuan masyarakat, partisipasi masyarakat, dan kendala dalam pelaksanaan Aplikasi SalinMas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, kuesioner atau angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Aplikasi SalinMas dari tahap awal sampai sekarang terlaksana dengan sangat baik meskipun ada kendala dalam pelaksanaannya. Tingkat pengetahuan masyarakat terhadap pelaksanaan Aplikasi SalinMas termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata 90,44% (Kelurahan Sokanegara) dan 87,84% (Kelurahan Kedungwuluh). Selain itu, tingkat partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan Aplikasi SalinMas juga tergolong tinggi dengan persentase 78,10% (Kelurahan Sokanegara) dan 81,57% (Kelurahan Kedungwuluh). Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Aplikasi SalinMas yaitu dapat dilihat dari segi (1) biaya operasional, (2) kerjasama dengan pihak bank, (3) keluhan dari pihak KSM, dan (4) proses penjemputan sampah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengetahuan, Partisipasi, Aplikasi SalinMas
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 23 Dec 2020 05:39
Last Modified: 23 Dec 2020 05:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42326

Actions (login required)

View Item View Item