STRATEGI DAN TEKNIK PEMANFAATAN CANDI DIENG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BATUR
Hilda Reformasi Tamara, 3101416067 (2020) STRATEGI DAN TEKNIK PEMANFAATAN CANDI DIENG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BATUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (STRATEGI DAN TEKNIK PEMANFAATAN CANDI DIENG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BATUR)
Download (882kB) | Preview |
Abstract
SARI Tamara, Hilda Reformasi. 2020. Strategi dan Teknik Pemanfaatan Candi Dieng Sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMA Negeri 1 Batur. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembingbing Dr. Dra. Hj. Ufi Saraswati, M.Hum. 166 halaman. Kata Kunci: Strategi dan Teknik, Candi Dieng, Sumber Belajar Sejarah Pemanfaatan Candi Dieng sebagai sumber belajar perlu dipersiapkan secara baik dan sistematis mulai dari perizinan, penentuan topik serta pelaksanaan kegiatan di lapangan sampai pada penyusunan laporan hasil kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana guru sejarah SMA Negeri 1 Batur menyiasati startegi dalam memanfaatkan Candi Dieng sebagai sumber belajar, 2) Bagaimana dampak keberadaan Candi Dieng dalam pembelajaran sejarah Hindhu-Buddha, 3) Bagaimana guru mengoptimalkan potensi keberadaan Candi Dieng sebagai sumber belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pendekatan kualitatif yang digunakan yaitu fenomenologi. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Batur. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Sasaran penelitiannya adalah strategi dan teknik pemanfaatan dan sumber belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang meliputi uji keabsahan data dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Strategi pemanfaatan Candi Dieng sebagai sumber belajar dipersiapkan secara baik dan sistematis. Pelaksanaan pembelajaran field trip yang dilaksanakan pada hari libur, guru menyiasati dengan membagi siswa per kelas untuk mengelilingi Candi Dieng bertujuan agar pembelajaran lebih kondusif, 2) Dampak keberadaan Candi Dieng dalam pembelajaran sejarah dapat memberikan kemudahan bagi siswa ataupun guru yaitu dapat memperjalas materi, meningkatkan antusias siswa dan menumbuhkan kecintaan terhadap peninggalan sejarah daerahnya, 3) Berkaitan dengan materi Candi Dieng di dalam kurikulum, optimalisasi potensi Candi Dieng sebagai sumber belajar oleh guru sejarah dilakukan dengan cara kunjungan langsung menggunakan model pembelajaran field trip. Guru sejarah juga melakukan evaluasi kepada siswa agar dapat mengetahui apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan dari pemanfaatan Candi Dieng. Saran yang diberikan guru sejarah dalam pembelajaran dengan memanfaatkan Candi Dieng melalui model pembelajaran field trip perlu ditingkatkan dan lebih rutin setiap tahun, karena akan mempermudah siswa dalam pembelajaran sejarah. Dalam pembelajaran di luar kelas siswa biasanya tidak fokus terhadap penjelasan guru, sehingga diharapkan guru lebih mengarahkan dalam melakukan pembelajaran di luar kelas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Strategi dan Teknik, Candi Dieng, Sumber Belajar Sejarah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > Special Education > History Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 23 Dec 2020 04:18 |
Last Modified: | 23 Dec 2020 04:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42321 |
Actions (login required)
View Item |