STRATEGI GURU SEJARAH DALAM MENGINTEGRASIKAN PEMBELAJARAN SEJARAH HOTS (HIGHER ORDER OF THINGKING SKILL) PADA KURIKULUM 2013DI SMA N 1 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2019/2020


Sartika, 3101416058 (2020) STRATEGI GURU SEJARAH DALAM MENGINTEGRASIKAN PEMBELAJARAN SEJARAH HOTS (HIGHER ORDER OF THINGKING SKILL) PADA KURIKULUM 2013DI SMA N 1 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI GURU SEJARAH DALAM MENGINTEGRASIKAN PEMBELAJARAN SEJARAH HOTS (HIGHER ORDER OF THINGKING SKILL) PADA KURIKULUM 2013  	DI SMA N 1 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2019/2020]
Preview
PDF (STRATEGI GURU SEJARAH DALAM MENGINTEGRASIKAN PEMBELAJARAN SEJARAH HOTS (HIGHER ORDER OF THINGKING SKILL) PADA KURIKULUM 2013 DI SMA N 1 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2019/2020)
Download (895kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sartika. 2020. Strategi Guru Sejarah dalam Mengintegrasikan Pembelajaran Sejarah HOTS (Higher Order Thingking Skills) pada Kurikulum 2013 di SMA N 1 Kebumen Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Syaiful Amin, S.Pd., M.Pd.,324 Halaman Kata Kunci : HOTS, Pembelajaran Sejarah, Strategi Pembelajaran HOTS adalah salah satu komponen penting pada kurikulum 2013 yang wajib diimplementasikan di semua mata pelajaran, tidak terkecuali sejarah. HOTS (Higher Order Thingking Skills) adalah keterampilan berfikir tingkat tinggi yang merujuk pada taksonomi Bloom C4-C6 yaitu menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Permasalahan yang dikaji ialah: (1) bagaimana pemahaman guru sejarah tentang pembelajaran sejarah HOTS pada kurikulum 2013? (2) bagaimana strategi guru sejarah dalam mengintegrasikan pembelajaran sejarah HOTS pada kurikulum 2013? (3) hambatan apa yang ditemui guru sejarah dalam mengintegrasikan pembelajaran sejarah HOTS pada kurikulum 2013 di SMA N 1 Kebumen? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang berlokasi di SMA N 1 Kebumen, sebagai Sekolah Menengah Atas (SMA) yang sudah mengintegrasikan pembelajaran HOTS. Informan yaitu guru sejarah, Waka Kurikulum, dan siswa. Teknik pengumpulan data: (1) wawancara (2) observasi (3) kajian dokumen. Uji keabsahan data: trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil menunjukan bahwa (1) guru sejarah memahami pembelajaran sejarah HOTS yang meliputi pembelajaran HOTS itu apa, arti penting dan tujuan pembelajaran HOTS, aspek pembelajaran HOTS, dan karakteristik serta perbedaan HOTS (2) strategi yang digunakan guru sejarah dalam mengintegrasikan pembelajaran HOTS yaitu menggunakan metode yang bervariatif dengan model Problem Based Learning melalui pendekatan saintifik serta membiasakan memberikan pertanyaan kritis (3) hambatan yang ditemui guru sejarah beragam namun hambatan terbesar pada saat pelaksanaan, yaitu kemampuan berfikir kritis siswa berbeda-beda, tidak semua siswa aktif, dan kurangnya persiapan siswa terutama dalam mengeksplorasi materi. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran sejarah HOTS tidak lepas dari peran sosialisasi yang terintegrasi dengan baik oleh sekolah, juga perencanaan dan evaluasi guru yang mengarah pada keterampilan berfikir tingkat tinggi sehingga HOTS dapat teraplikasikan di dalam proses pembelajaran. Saran yang peneliti ajukan ialah perlu adanya peningkatan pembelajaran sejarah dari tahap mengevaluasi (C5) ke tahap mencipta (C6) dengan dimensi pengetahuan sampai tahap metakognitif dan pengembangan bahan ajar seperti handout atau booklet untuk mempermudah siswa dalam memahami materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : HOTS, Pembelajaran Sejarah, Strategi Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 23 Dec 2020 04:05
Last Modified: 23 Dec 2020 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42319

Actions (login required)

View Item View Item