PEMBELAJARAN GITAR KLASIK DI HALMAHERA MUSIC SCHOOL SEMARANG


Zelika Salsabila Zen, 2501416088 (2020) PEMBELAJARAN GITAR KLASIK DI HALMAHERA MUSIC SCHOOL SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN GITAR KLASIK DI  HALMAHERA MUSIC SCHOOL SEMARANG]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN GITAR KLASIK DI HALMAHERA MUSIC SCHOOL SEMARANG)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Gitar klasik merupakan salah satu kursus musik yang populer dan banyak peminatnya di Halmahera Music School Semarang. Materi pembelajaran dan metode guru dalam mengajar sangat berpengaruh terhadap hasil pembelajaran siswa. Kurikulum yang digunakan menggunakan kurikulum Yamaha yang diakui seluruh dunia. Berdasarkan latar belakang tersebut maka permasalahan penulisan ini adalah Bagaimana Pembelajaran Gitar Klasik di Halmahera Music School Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran gitar klasik di Halmahera Music School Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Keabsahan data diperoleh menggunakan triangulasi teknik melalui teknik observasi pastisipatif berbentuk pasif, wawancara dengan jenis pertanyaan deskriptif, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan teacher-centered, dimana guru menjadi pusat pembelajaran yang menentukan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, seperti materi, metode, dan tujuan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang digunakan. Guru memberikan materi secara bertahap dimulai dari materi berupa scale, melody exercise, chord exercise , training, repertoire ensemble dan repertoire solo. Dari materi tersebut diketahui bahwa metode yang digunakan dalam mengajar menggunakan kombinasi metode yang sudah ada yaitu metode demonstrasi dan metode drill. Dalam metode demonstrasi berarti guru mencontohkan permainan gitar kemudian siswa menirukan . Dalam metode drill, siswa memainkan materi meliputi teknik dan buah lagu dengan cara diulang – ulang untuk mendapatkan hasil keterampilan secara maksimal. Berdasarkan kesimpulan di atas, berikut adalah saran (1) Bagi guru : lebih variatif dalam merencanakan pembelajaran, tidak hanya memperhatikan keterampilan,namun juga kemampuan siswa berfikir kritis. (2) Bagi pihak Halmahera Music School Semarang : tetap mempertahankan kualitas dan fasilitas untuk menunjang pembelajaran. (3) Bagi Peneliti : tentunya masih banyak kekurangan. Banyak hal yang masih belum bisa terungkap tentang pembelajaran gitar klasik , maka diharapkan bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian tentang pembelajaran gitar klasik dengan kaca mata bidang ilmu lainnya. Kata Kunci : pembelajaran , gitar klasik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : pembelajaran , gitar klasik
Subjects: N Fine Arts > NN Music
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:33
Last Modified: 23 Dec 2020 03:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42314

Actions (login required)

View Item View Item