PERANCANGAN ANIMASI DUA DIMENSI SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK WILD CHILD SEMARANG


Fahmi Al Huda, 2411415046 (2020) PERANCANGAN ANIMASI DUA DIMENSI SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK WILD CHILD SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN ANIMASI DUA DIMENSI SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK WILD CHILD SEMARANG]
Preview
PDF (PERANCANGAN ANIMASI DUA DIMENSI SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK WILD CHILD SEMARANG)
Download (903kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Al Huda, Fahmi. Perancangan Animasi Dua Dimensi Sebagai Media Promosi Produk Wild Child Semarang. Proyek Studi, Jurusan Seni Rupa. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Wandah Wibawanto, S.Sn., M.Ds., Pembimbing II Pratama Bayu Widagdo, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Perancangan, Animasi Dua Dimensi, Motion Graphic, Promosi, Wild Child Semarang, Produk. Sebagai salah satu produk penyedia apparel yang berlokasi di kota Semarang, Wild Child membutuhkan media promosi dalam bentuk animasi dua dimensi. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah pengikut akun Instagram dan konsumen produk apparel Wild Child di Semarang. Proses berkarya perancangan media promosi animasi dua dimensi ini dilakukan melalui 3 tahapan yaitu, pra produksi (pencarian ide, pengumpulan data, analisis target audiens, penentuan konsep karya, dan pemilihan materi), produksi (perancangan aset animasi, perancangan karakter, perancangan storyboard, perancangan tata letak objek animasi, proses animasi gambar, penambahan audio, rendering, konsultasi dosen pembimbing, konsultasi dengan klien), dan pasca produksi (publikasi, pra pameran, pameran, presentasi karya animasi kepada klien). Karya animasi sebagai media promosi mencakup pesan informatif dengan daya tarik pesan informatif/emosional. Gaya pesan yang digunakan adalah gaya pesan kombinasi antara suasana/citra, slice of life animasi. Bahasa rupa yang digunakan pada media promosi ini adalah, close up, medium shot, medium close up, long shot, frame by frame, inbetween. Sedangkan prinsip nirmana yang digunakan adalah kesebandingan (perbedaan, pengelompokan), dominasi (perbedaan, pengecualian), keseimbangan (perbedaan, pengecualian, pengelompokan), dan irama (perbedaan). Proyek studi perancangan media promosi animasi ini telah mencapai tujuan utama, menghasilkan sebuah karya yang berhubungan dengan Desain Komunikasi Visual dan telah berhasil meningkatkan jumlah dan memperluas jangkauan konsumen Wild Child Semarang pada akun Instagramnya. Selain itu ilmu selama masa perkuliahan dapat diaplikasikan pada dunia kerja, dan bagi klien agar lebih aktif dan efektif dalam mempromosikan produk pada media online, bagi akademisi untuk lebih memperdalam materi dalam bidang ilustrasi dan animasi, serta bagi masyarakat umum diharapkan lebih sadar dan mendukung serta menghargai akan eksistensi produk lokal, guna mengurangi tindakan ilegal seperti pembajakan secara besar-besaran kepada produk asing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perancangan, Animasi Dua Dimensi, Motion Graphic, Promosi, Wild Child Semarang, Produk.
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NE Print media
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:16
Last Modified: 23 Dec 2020 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42311

Actions (login required)

View Item View Item