FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI RENDAHNYA PARTISIPASI PENDIDIKAN TINGKAT SMP DI KECAMATAN PETUNGKRIYONO KABUPATEN PEKALONGAN


Luthfiana Qonita, 3201415054 (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI RENDAHNYA PARTISIPASI PENDIDIKAN TINGKAT SMP DI KECAMATAN PETUNGKRIYONO KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201415054.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecamatan Petungkriyono merupakan salah satu kecamatan dengan topografi pegunungan di Kabupaten Pekalongan sekaligus merupakan kecamatan terjauh dari pusat kabupaten, dengan jarak 42 km. Meskipun di Kecamatan Petungkriyono terdapat empat fasilitas SMP, yaitu satu SMP reguler dan tiga SMP Satu Atap, namun APK SMP di Kecamatan Petungkriyono masih dibawah ratarata kabupaten, yaitu 65,88%. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti faktor-faktor yang memengaruhi rendahnya partisipasi pendidikan tingkat SMP dan jangkauan pelayanan SMP di Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. Penelitian dilaksanakan dengan metode pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, wawancara dan angket. Populasi sebanyak 30 orang anak yang sudah pernah bersekolah tingkat SMP tetapi tidak selesai hingga lulus pada tahun ajaran 2019. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel total sampling sehingga keseluruhan populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mengelompokkan data sesuai kriteria yang ditentukan dan disajikan dalam tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: faktor hasil (output) termasuk kriteria sedang; faktor masukan dasar (raw input) termasuk kriteria rendah; faktor masukan sarana (instrumental input) termasuk kriteria rendah; faktor lingkungan (environmental input) termasuk kriteria sedang; faktor proses termasuk kriteria sedang; faktor sosial ekonomi termasuk kriteria tinggi; faktor geografis termasuk kriteria sedang; faktor budaya termasuk kriteria sedang; faktor demografis termasuk kriteria rendah; dan seluruh desa di Kecamatan Petungkriyono sudah terjangkau oleh fasilitas pendidikan SMP. Dari penelitian ini dapat disimpulkan faktor dominan yang memengaruhi rendahnya partisipasi pendidikan tingkat SMP di Kecamatan Petungkriyono adalah dari faktor internal yaitu masukan dasar (raw input) dan masukan sarana (instrumental input) sedangkan dari faktor eksternal yaitu kondisi demografis, serta seluruh desa di Kecamatan Petungkriyono sudah terjangkau oleh fasilitas pendidikan SMP. Saran yang diajukan adalah (1) agar orangtua melakukan komunikasi secara intens dan memantau kegiatan belajar anak untuk meningkatkan motivasi belajar anak; (2) unsur masyarakat harus ikut andil memberikan dukungan terhadap pendidikan di sekolah dalam bentuk material maupun non material untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Pendidikan, SMP
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 23 Dec 2020 02:05
Last Modified: 23 Dec 2020 02:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42297

Actions (login required)

View Item View Item