PENDIDIKAN INKLUSIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP NEGERI 31 SEMARANG


Tia Yulian Anggeani, 2601416018 (2020) PENDIDIKAN INKLUSIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP NEGERI 31 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENDIDIKAN INKLUSIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP NEGERI 31 SEMARANG]
Preview
PDF (PENDIDIKAN INKLUSIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP NEGERI 31 SEMARANG) - Submitted Version
Download (647kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Anggeani, Tia Yulian. 2020. Pendidikan Inklusif pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMP Negeri 31 Semarang. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dra. Esti Sudi Utami B.A, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Inklusif, Bahasa Jawa ` Pendidikan di Indonesia pada umumnya masih memisahkan antara ABK dan anak normal. Hal tersebut dapat menciptakan diskriminasi bagi ABK. Penyelenggaraan pendidikan inklusif ditetapkan oleh pemerintah sebagai upaya dalam menghapus diskriminasi. Pelaksanaan pembelajaran di sekolah inklusif memiliki beberapa perbedaan dengan sekolah reguler, pembelajaran yang tepat akan memudahkan ABK dalam mengikuti pembelajaran seperti peserta didik reguler. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendukung penyelenggaraan pendidikan inklusif. Sekolah inklusif patutnya memperhatikan faktor-faktor tersebut. Tujuan penelitian adalah: (1) mendeskripsikan implementasi pendidikan inklusif pada mata pelajaran bahasa Jawa di SMP Negeri 31 Semarang, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pendidikan inklusif di SMP Negeri 31 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan metode penelitian kualitatif. Data penelitian berupa proses pembelajaran dari guru mata pelajaran bahasa Jawa dan faktor pendukung pendidikan inklusif. Sumber data pada penelitian ini yaitu guru mata pelajaran bahasa Jawa dan Guru Pendamping Khusus (GPK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Teknik analisis data menggunakan model interaktif, yaitu dengan proses data reduction, data display, dan conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan inklusif di SMP Negeri 31 Semarang belum berjalan dengan efektif. Hal tersebut dibuktikan dari nilai-nilai yang diperoleh ABK relatif lebih rendah dibanding anak reguler. Faktor pendukung pendidikan inklusif yaitu GPK, tersedianya ruang sumber, dan RPP modifikasi, sedangkan faktor penghambatnya yaitu fleksibilitas kurikulum, lingkungan sekolah inklusif, sarana prasarana, dan evaluasi pembelajaran. Implementasi pendidikan inklusif di sekolah ini belum berjalan sempurna, terdapat beberapa faktor yang belum terpenuhi seperti fleksibilitas kurikulum, lingkungan sekolah inklusif, sarana prasarana, dan evaluasi pembelajaran, diharapkan kedepannya pihak sekolah dapat meningkatkan kualitas serta mewujudkan hal-hal yang dapat mendukung penyelenggaraan pendidikan inklusif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Inklusif, Bahasa Jawa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 23 Dec 2020 01:23
Last Modified: 23 Dec 2020 01:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42288

Actions (login required)

View Item View Item