REVITALISASI KARYA SASTRA BADRASANTI DALAM BENTUK PERTUNJUKAN MUSIK


Diana Elvira Ochtaviani, 2501414071 (2020) REVITALISASI KARYA SASTRA BADRASANTI DALAM BENTUK PERTUNJUKAN MUSIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of REVITALISASI KARYA SASTRA BADRASANTI DALAM BENTUK PERTUNJUKAN MUSIK]
Preview
PDF (REVITALISASI KARYA SASTRA BADRASANTI DALAM BENTUK PERTUNJUKAN MUSIK) - Submitted Version
Download (957kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ochtaviani, Diana Elvira. (2020) Revitalisasi Karya Sastra Badrasanti Dalam Bentuk Pertunjukan Musik. Skripsi, Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Widodo BS.,S.Sn.,M.Sn Kata Kunci : Badrasanti, Karawitan, Revitalisasi Badrasanti merupakan karya sastra Jawa tengahan yang menggunakan bahasa Jawa ngoko pesisiran berbentuk rangkaian teks tembang Jawa bermetrum khusus Badrasanti. Pustaka tersebut menyimpan data sejarah tentang berbagai aspek kehidupan masyarakat Jawa pesisiran yang tinggal di daerah Lasem Kabupaten Rembang dan sekitarnya namun karya sastra ini keberadaanya sempat dilarang sehingga tidak berkembang. Teks sastra Badrasanti terus di revitalisasi dalam berbagai bentuk karya seni pertunjukan oleh Yayasan Badrasanti yang bekerja sama dengan Pakumpulan Paguyuban, Karawitan Jawa Indonesia (PAKARJAWI) hingga sekarang. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana bentuk revitalisasi karya sastra Badrasanti menjadi beragam bentuk karya seni dan bagaimana bentuk pertujukan kidung puji Badrasanti laras pelog pathet lima. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk revitalisasi Badrasanti dan bentuk pertunjukan Kidung Puji Badrasanti laras pelog pathet lima. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini difokuskan pada proses kreatif dalam mengembangkan teks Badrasanti menjadi sebuah karya seni. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti diantaranya, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data diuji kembali melalui triangulasi sumber, teori, dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan ialah, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dengan menggunakan teori Miles Huberman. Hasil dari penelitian bentuk revitalisasi karya tersebut, teks Badrasanti yang semula berbentuk sastra kemudian mejadi lebih tersebar luas di masyarakat dengan bentuk-bentuk karya seni seperti, tari, ketoprak, karawitan, dan wayang, dan dari hasil bentuk pertujukan kidung puji Badrsanti laras pelog pathet lima terdiri dari bentuk komposisiya, balungan gendhing, laras pelog, pathet lima, irama dadi, laya nglentreh, sedangkan bentuk penyajian kidung puji Badrasanti disajikan pada setiap akhir acara, tata panggung tetap sesuai formasi awal acara, tata busana sindhen menggunakan kebaya, jarik, dan konde, sedangkan tata busana pangrawit menggunakan sorjan, jarik serta blangkon. Tata lampu menggunakan penerangan lampu standar neon yang ada pada ruangan acara. Tata suara dibantu menggunakan mic, mixer, sound sistem. Saran yang dapat peneliti sampaikan dalam penelitian revitalisasi karya sastra Badrasanti yaitu: yayasan Badrasanti sebaiknya memperluas kerjasama dengan seniman lain tidak hanya di Kota Semarang saja, melainkan hingga ke seluruh Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Badrasanti, Karawitan, Revitalisasi
Subjects: L Education > Special Education > Art education
N Fine Arts > NN Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 22 Dec 2020 08:26
Last Modified: 22 Dec 2020 08:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42282

Actions (login required)

View Item View Item