PERTUNJUKAN ORKES KERONCONG GUNUNG JATI NEW MUSIK DI STASIUN TAWANG SEMARANG : KAJIAN INTERAKSI SIMBOLIK


Rinaldhi Eka Kurnia Putra, 2501413141 (2020) PERTUNJUKAN ORKES KERONCONG GUNUNG JATI NEW MUSIK DI STASIUN TAWANG SEMARANG : KAJIAN INTERAKSI SIMBOLIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERTUNJUKAN ORKES KERONCONG GUNUNG JATI NEW MUSIK DI STASIUN TAWANG SEMARANG : KAJIAN INTERAKSI SIMBOLIK]
Preview
PDF (PERTUNJUKAN ORKES KERONCONG GUNUNG JATI NEW MUSIK DI STASIUN TAWANG SEMARANG : KAJIAN INTERAKSI SIMBOLIK) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Putra, Rinaldhi Eka Kurnia. 2020. Pertunjukan Orkes Keroncong Gunung Jati New Musik di Stasiun Tawang Semarang : Kajian Interaksi Simbolik. Skripsi. Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Eko Raharjo, M.Hum., Pembimbing II: Abdul Rahman, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Interaksi Simbolik, Keroncong, Stasiun Tawang Keroncong merupakan musik yang digarap dan diciptakan asli oleh bangsa Indonesia. Musik Keroncong identik dengan pola iringannya yang sangat unik yang tersusun dari masing-masing alat musik. Di Stasiun Tawang semarang salah satunya setiap malam hari terdapat pertunjukan keroncong yang dibawakan oleh grub Gunung Jati New Musik. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana bentuk interaksi simbolik antara pemusik dengan pemusik, dan penonton dengan pemusik. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui dan mendiskripsikan bentuk interaksi simbolik antara pemusik dengan pemusik dan penonton dengan pemusik. Penelitian yang dilakukan peneliti menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosial.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, serta triangulasi yang sekaligus sebagai teknik keabsahan data. Data yang dikumpulkan berupa informasi yang berkaitan tentang interaksi simbolik antara pemusik dengan pemusik dan penonton dengan pemusik yang membagi analisis data menjadi tiga bagian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian mengemukakan bahwa bentuk penyajian Orkes Keroncong Gunung Jati New Musik dapat dilihat dari elemen/aspek pertunjukan : pemusik, penonton, alat-alat musik, panggung pertunjukan dan gerak, dari aspek tersebut akan muncul bentuk interaksi simbolik saat pertunjukan berlangsung. Interaksi yang terjadi ada 3 bagian, yaitu : sebelum pertunjukan, saat pertunjukan dan akhir pertunjukan. Dari proses interaksi yang terjadi saat pertunjukan berlangsung yaitu berupa tanda-tanda, isyarat dan kata-kata. Saran kepada para peneliti nantinya untuk lebih memperhatikan gerak-gerak atau tanda isyarat yang terjadi sebagai bentuk simbol interaksi yang terjadi. Untuk dokumentasi penilitian gunakan media yang mendukung yang bisa mengambil gambar bentuk simbol dengan jelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Simbolik, Keroncong, Stasiun Tawang
Subjects: L Education > Special Education > Art education
N Fine Arts > NN Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 22 Dec 2020 08:12
Last Modified: 22 Dec 2020 08:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42281

Actions (login required)

View Item View Item