PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL KEPADA ANAK USIA DINI LEWAT MEDIA KAOS DENGAN TEKNIK CETAK SARING


Arifin, 2411414026 (2020) PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL KEPADA ANAK USIA DINI LEWAT MEDIA KAOS DENGAN TEKNIK CETAK SARING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL KEPADA ANAK  USIA DINI LEWAT MEDIA KAOS DENGAN TEKNIK CETAK SARING]
Preview
PDF (PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL KEPADA ANAK USIA DINI LEWAT MEDIA KAOS DENGAN TEKNIK CETAK SARING) - Submitted Version
Download (542kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Arifin. 2020. Pengenalan Permainan Tradisional Kepada Anak Usia Dini Lewat Media Kaos Dengan Teknik Cetak Saring. Skripsi. Jurusan Seni Rupa (Desain Komunikasi Visual S1), Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Syakir, M.Sn. Pembimbing II: Dr. Eko Sugiarto, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pemainan Tradisional, Kaos, Cetak Grafis Permainan tradisional merupakan sebuah hasil karya nenek moyang yang dikemas untuk mengenalkan dan mengajarkan nilai-nilai luhur yang ada pada masyarakat kepada generasi muda. Permainan tradisional merupakan identitas yang digunakan untuk menunjukkan ciri khas suatu daerah. Sehingga permainan tradisional harus tetap dijaga dan dilestarikan ditengah derasnya arus kebudayaan modern yang masuk kedalam kehidupan masyarakat. Menurunnya minat generasi muda untuk mengenal permainan tradisional menyebabkan proses pengenalan dan pelestarian permainan tradisional mengalami kendala. Generasi muda lebih cenderung tertarik kepada permainan modern dibandingkan permainan tradisi. Kaos merupakan salah satu produk yang sangat sering dikenakan oleh masyarakat. Kaos memiliki sifat yang lebih umum dan siapa saja pantas untuk memakainya. Sehingga semakin banyak orang yang memakai kaos dengan tema permainan tradisional maka secara tidak langsung mereka ikut serta dalam mengenalkan permainan tradisional kepada orang yang melihatnya. Produk grafis kaos dibuat secara manual, dari proses membuat ilustrasi, pewarnaan desain secara digital, pembuatan cetakan pada screen, serta mencetak desain kedalam kaos. Teknik cetak grafis kaos secara manual dipilih sebagai media penelitian karena biaya yang dikeluarkan untuk membuat satu buah kaos tidak terlalu mahal sehingga kaos yang dibuat mampu dibeli oleh masyarakat dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Produk grafis kaos dengan tema Permainan Tradisional dijadikan sebagai media promosi pentingnya melestarikan permainan tradisional. Karena permainan tradisional merupakan warisan budaya bangsa yang harus dijaga dan dikenalkan kepada generasi penerus. Selain itu, permainan tradisional merupakan sebuah wahana aktifitas yang memiliki banyak manfaat yaitu, permainan tradisional mengajarkan agar anak mengenal nilai-nilai sosial, bergotong royong, sportifitas, solidaritas, kreatifitas, dan berbagai manfaat yang lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemainan Tradisional, Kaos, Cetak Grafis
Subjects: L Education > Special Education > Skills Educations
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 22 Dec 2020 08:04
Last Modified: 22 Dec 2020 08:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42280

Actions (login required)

View Item View Item