PENGEMBANGAN MEDIA WHITEBOARD BERBASIS VIDEOSCRIBE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 1 BOJA TAHUN AJARAN 2019/2020 MATERI PERANG MELAWAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME


Meilinda Estuningsih, 3101416012 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA WHITEBOARD BERBASIS VIDEOSCRIBE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 1 BOJA TAHUN AJARAN 2019/2020 MATERI PERANG MELAWAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3101416012.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Boja sudah menggunakan media yang bervariasi dalam pembelajaran Sejarah Indonesia, namun media yang paling sering digunakan dalam semua materi pembelajaran adalah Power Point. Selain itu media lain yang digunakan siswa dalam menunjang pembelajaran adalah buku cetak yang diberikan oleh pemerintah. Namun, buku tersebut tidak memuat materi secara detail dan hanya membahas mengenai garis besarnya saja serta minim gambar. Media yang terbatas, ditambah dengan kesibukan yang dimiliki oleh guru Sejarah, sehingga membuat guru jarang masuk kelas dan ketika masuk kelas dilakukan pemadatan materi sehingga ketika terdapat materi dengan sub bab yang banyak tidak akan dipelajari semua. Sehingga pembelajaran dilakukan dengan tidak maksimal. Oleh karena beberapa alsan tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran Whiteboard berbasis Videoscribe, dengan tujuan dapat membantu siswa belajar secara mandiri. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model pengembangan Borg & Gell yang terdiri dari enam tahapan yaitu analysis masalah dan potensi kebutuhan, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Boja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media pembelajaran ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran Whiteboard berbasis Videoscribe telah memenuhi syarakat setelah dilakukan tahap validasi sebanyak dua kali. Pada tahap validasi pertama mendapat presentase sebanyak 78% dengan kategori baik, dan perlu dilakukan perbaikan. Pada tahap validasi kedua mendapat presentase sebanyak 95% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan dua tahap validasi yang dilakukan diperoleh rata-rata presentase sebanyak 87, 74% dengan kategori baik. Media Whiteboard berbasis Videoscribe layak digunakan dalam pembelajaran sejarah dikarenakan adanya peningkatan pada tahap pengembangan yaitu pada tahap validasi kedua mengalami peningkatan dibandingkan tahap validasi pertama. Selain itu tahap validasi juga dilakukan oleh siswa, validasi yang dilakukan oleh siswa mendapat presentase sebanyak 80, 1% dengan kategori layak, hingga media Whiteboard layak digunakan dalam menunjang pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Whiteboard, Videoscribe, Borg and Gell.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 22 Dec 2020 02:56
Last Modified: 22 Dec 2020 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42275

Actions (login required)

View Item View Item