TINGKAT PEMAHAMAN SEJARAH SISWA DI SMA NEGERI 9 SEMARANG TENTANG NILAI KEPAHLAWANAN SOEKARNO DALAM PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI TAHUN AJARAN 2019/2020


Bagus Adi Cahyono, 3101416009 (2020) TINGKAT PEMAHAMAN SEJARAH SISWA DI SMA NEGERI 9 SEMARANG TENTANG NILAI KEPAHLAWANAN SOEKARNO DALAM PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI TAHUN AJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3101416009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Tingkat pemahaman sejarah di SMA Negeri 9 Semarang sangat menarik untuk dikaji dalam kaitannya dengan berapa tinggi tingkat pemahaman siswa tentang nilai kepahlawanan Soekarno. Dalam hal ini maka pembelajaran sejarah berfungsi untuk menumbuhkan pemahaman sejarah siswa. Namun demikian, penelitian-penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya di SMA Negeri 9 Semarang ternyata belum menjawab tentang berapa tingkat pemahaman sejarah siswa tentang nilai kepahlawanan Soekarno. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berapa tinggi tingkat pemahaman sejarah siswa di SMA Negeri 9 Semarang tentang nilai kepahlawanan Soekarno. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Semarang yang terdiri dari 2 kelas. Dimana untuk kelas XI IPS 4 dengan jumlah siswa 34 digunakan untuk uji coba instrumen, sedangkan untuk kelas XI IPS 3 dengan jumlah siswa 35 digunakan untuk pengambilan data penelitian. Variabel penelitian ini adalah pemahaman sejarah tentang tokoh Soekarno dan pemahaman siswa tentang nilai-nilai kepahlawanan Soekarno. Pengumpulan data penelitian menggunakan skala Guttman dan selanjutnya dianalisis menggunakan rumus deskriptif presentase. Adapun pemahaman sejarah yang dikaji dalam penelitian ini terdiri dari empat indikator. Dua indikator mengenai pengetahuan siswa terhadap tokoh Soekarno yaitu indikator biografi Soekarno dan peranan Soekarno serta dua indikator mengenai pemahaman sejarah siswa yaitu indikator keteladanan Soekarno dan warisan atau peninggalan Soekarno. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa dari 35 siswa, sebanyak 2 siswa (6%) memiliki transmisi nilai rendah, selanjutnya sebanyak 7 siswa (20%) memiliki transmisi nilai sedang, kemudian sebanyak 18 siswa (51%) memiliki transmisi nilai tinggi dan untuk siswa yang mendapatkan transmisi nilai sangat tinggi sebanyak 8 siswa (23%). Dari distribusi jawaban semua responden terhadap 20 item soal menunjukkan presentase rata-rata sebesar 80%, dan jika dicocokkan dengan presentase predikat keberhasilan untuk analisis presentase deskriptif pemahaman sejarah terhadap nilai kepahlawanan Soekarno masuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Sejarah, Nilai Kepahlawanan, Soekarno
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 22 Dec 2020 02:48
Last Modified: 22 Dec 2020 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42274

Actions (login required)

View Item View Item