PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE ANIMATE CC TERHADAP PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 7 SEMARANG TAHUN 2019/2020


Lutfiana Dwi Kirani, 3101416004 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE ANIMATE CC TERHADAP PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 7 SEMARANG TAHUN 2019/2020. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3101416004.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Sejarah merupakan mata pelajaran yang memiliki tingkat kesulitan tinggi dalam memahami materinya. Sehingga diperlukan media atau alat yang dapat membantu dalam memahami materi sejarah yang kompleks, salah satunya adalah media interaktif berbasis Adobe Animate CC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif berbasis Adobe Animate CC terhadap Partisipasi siswa dalam pembelajaran sejarah dikelas XI SMA Negeri 7 Semarang. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah: 1) Sejauh mana keefektifan penggunaan media interaktif berbasis Adobe Animate CC? 2) Sejauh mana partisipasi siswa dalam pembelajaran sejarah setelah diterapkan media interaktif berbasis Adobe Animate CC? 3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media interaktif berbasis Adobe Animate CC terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran sejarah?. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi untuk penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 7 Semarang, dengan mengambil sampel kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah Media Interaktif berbasis Adobe Animate CC (X), dan partisipasi siswa dalam pembelajaran sejarah (Y). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media interaktif terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran sejarah, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan koefisien korelasi sebesar 0,639 yang masuk ke dalam kategori “kuat”. Penelitian ini juga menunjukkan tingkat partisipasi siswa kelas eksperimen sebesar 72%, sedangkan tingkat partisipasi siswa kelas kontrol sebesar 65,49%, dimana tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran sejarah kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu hasil perhitungan analisis deskriptif presentase untuk mengukur efektifitas penggunaan media interaktif Adobe Animate CC menunjukkan angka sebesar 97% yang masuk ke dalam kategori “tinggi”. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media interaktif berbasis Adobe Animate CC terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran sejarah. Media interaktif berbasis Adobe Animate CC terbukti efektif untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah, hendaknya media ini mulai digunakan oleh guru sebagai salah satu media alternatif dalam pembelajaran sejarah, sehingga siswa tidak lagi merasa bosan dan dapat menimbulkan ketertarikan siswa pada pelajaran sejarah, sehingga dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Adobe Animate CC, Partisipasi Siswa.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 22 Dec 2020 02:32
Last Modified: 22 Dec 2020 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42272

Actions (login required)

View Item View Item