EFEKTIVITAS METODE VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS VIII SMP ISLAM AL MADINA SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020


M. Arsyad Syakuri Shafrani, 2303415055 (2020) EFEKTIVITAS METODE VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS VIII SMP ISLAM AL MADINA SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS METODE VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS VIII SMP ISLAM  AL MADINA SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS METODE VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS VIII SMP ISLAM AL MADINA SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Shafrani, M. Arsyad Syakuri 2020. Efektivitas Metode VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) Untuk Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas VIII SMP Islam Al Madina Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : Dr. Zaim Elmubarak, S. Ag., M. Ag Kata kunci: Metode VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) Untuk Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Keterampilan berbicara merupakan keterampilan produktif berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan produktif bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Islam Al Madina Semarang tergolong masih rendah dengan banyaknya siswa kesulitan dalam mengungkapkan ujaran dan kosakata berbahasa Arab. Antusiasme dan keaktifan siswa masih kurang disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah penggunakan guru metode ceramah yang diaplikasikan secara terus-menerus dalam pembelajaran kurang inovatif dan monoton, karena metode ini menjadikan guru sebagai peran utama yang aktif dalam kelas dan siswa hanya mendengarkan dan mencatat hingga pelajaran selesai. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan metode yang inovatif dalam pembelajaran sehingga siswa termotivasi belajar dengan aktif dan menyenaangkan. Salah satunya adalah dengan menerapkan Metode VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) untuk Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan nilai kelompok eksperimen dari hasil pre-test ke post-test lebih besar dari kelompok kontrol. Besarnya nilai rata-rata post-test berbicara kelompok eksperimen adalah 77,16 dari nilai rata-rata pre-test adalah 68. Sedangkan pada kelompok kontrol nilai rata-rata pre-test adalah 69,16 dan rata-rata post-test adalah 72,33. Adapun uji hipotesis menggunakan rumus t-test di peroleh thitung = 3,06 sedangkan ttabel untuk dk= 30+30-2=58 dengan taraf signifikansi 5% adalah 1,67.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) Untuk Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Dec 2020 09:02
Last Modified: 21 Dec 2020 09:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42269

Actions (login required)

View Item View Item