HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KECEMASAN BERBICARA BAHASA ASING DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2018


Diah Khanifah Syafitri, 2302416056 (2020) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KECEMASAN BERBICARA BAHASA ASING DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KECEMASAN BERBICARA BAHASA ASING DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2018]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KECEMASAN BERBICARA BAHASA ASING DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2018) - Submitted Version
Download (950kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Syafitri, D. K. 2020. “Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Berbicara Bahasa Asing di Depan Umum pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : Silvia Nurhayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Efikasi Diri, Kecemasan Berbicara, Bahasa Jepang. Kecemasan berbicara bahasa asing di depan umum merupakan salah satu halangan yang dialami pembelajar bahasa asing. Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang sebagai pembelajar bahasa asing pun tidak luput dari kendala ketika berbicara menggunakan bahasa jepang di depan umum yang mempengaruhi akademis mereka, pada mata kuliah kaiwa khususnya mahasiswa dituntut berbicara di depan umum tetapi tidak dapat memberikan performa yang baik disebabkan oleh kendala tersebut (kecemasan). Penanganan kecemasan antara satu individu dengan individu lainnya berbeda tergantung pada penilaian pribadi individu terhadap kemampuannya yang disebut efikasi diri. Keyakinan terhadap diri sendiri ini sangat mempengaruhi individu dalam menghadapi situasi yang menekan (Bandura, 1997). Penelitian ini bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan berbicara bahasa asing di depan umum pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang angkatan 2018. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 55 orang, dengan teknik pengumpulan data berupa Skala Efikasi Diri dan Skala Kecemasan Berbicara Bahasa Asing di Depan Umum. Dua buah skala tersebut disusun oleh peneliti dalam bentuk Skala Likert berdasarkan aspek efikasi diri (Bandura, 1997) dan aspek kecemasan di depan umum (Rogers, 2004). Nilai reliabilitas Skala Efikasi Diri yaitu 0,805, terdiri dari 8 item. Skala Kecemasan Berbicara Bahasa Asing di Depan Umum nilai reliabiltasnya sebesar 0,962, terdiri dari 26 item. Analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif antara efikasi diri dengan kecemasan berbicara bahasa asing di depan umum dengan nilai r = -0,412 dan nilai signifikan 0,002. Artinya semakin tinggi efikasi diri mahasiswa maka akan semakin rendah tingkat kecemasan berbicaranya ketika menggunakan bahasa asing (bahasa Jepang) di depan umum, dan sebaliknya, semakin rendah efikasi diri mahasiswa maka kecemasan berbicaranya ketika menggunakan bahasa asing (bahasa Jepang) di depan umum akan semakin tinggi. Dapat disimpulkan bahwa efikasi diri mempunyai pengaruh terhadap kecemasan berbicara bahasa asing di depan umum sebesar 17%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Kecemasan Berbicara, Bahasa Jepang.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Dec 2020 08:46
Last Modified: 21 Dec 2020 08:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42266

Actions (login required)

View Item View Item