ANALISIS KESESUAIAN MODUL NIHONGO KYOUKASHO KELAS X SMA KRISTEN YSKI DENGAN SILABUS BAHASA JEPANG KURIKULUM 2013


Utta Fianna Putri, 2302416024 (2020) ANALISIS KESESUAIAN MODUL NIHONGO KYOUKASHO KELAS X SMA KRISTEN YSKI DENGAN SILABUS BAHASA JEPANG KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESESUAIAN MODUL NIHONGO KYOUKASHO KELAS X SMA KRISTEN YSKI DENGAN SILABUS BAHASA JEPANG KURIKULUM 2013]
Preview
PDF (ANALISIS KESESUAIAN MODUL NIHONGO KYOUKASHO KELAS X SMA KRISTEN YSKI DENGAN SILABUS BAHASA JEPANG KURIKULUM 2013) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Putri, Utta Fianna.2020. Analisis Kesesuaian Modul Nihongo Kyoukasho kelas X SMA Kristen YSKI dengan Silabus Bahasa Jepang Kurikulum 2013. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dyah Prasetiani, S.S., M.Pd. email : [email protected], [email protected] Bahan ajar merupakan materi pelajaran yang disusun secara lengkap untuk membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang bisa digunakan adalah modul. Modul merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematik dan dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta didik. Sehingga modul menjadi salah satu bahan ajar yang dipilih untuk membantu pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Begitu pula dengan SMA Kristen YSKI yang menggunakan modul dalam mata pelajaran bahasa Jepang. Namun penggunaan modul perlu disesuaikan isi materinya dengan silabus bahasa Jepang kurikulum 2013. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian modul bahasa Jepang yang digunakan SMA Kristen YSKI dengan silabus bahasa Jepang kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif evaluatif. Teknik analisis data berupa analisis isi, yaitu menganalisis kesesuaian isi materi dengan silabus bahasa Jepang. Data penelitian merupakan modul yang digunakan SMA Kristen YSKI kelas X berjudul Nihongo Kyoukasho. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 6 tema yang terdapat dalam modul, 3 tema telah sesuai dan 3 tema belum sesuai dengan silabus tema yang sudah sesuai yaitu tema 2, tema 5, dan tema 6. Sedangkan tema yang belum sesuai adalah tema 1, tema 3, dan tema 4. Kata kunci : Modul, Silabus Bahasa Jepang, Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, Silabus Bahasa Jepang, Kurikulum 2013.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Dec 2020 08:39
Last Modified: 21 Dec 2020 08:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42265

Actions (login required)

View Item View Item