ANALISIS KESIAPAN MAHASISWA ANGKATAN 2017 PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TAHUN 2020


Wina Yuliani, 2302416003 (2020) ANALISIS KESIAPAN MAHASISWA ANGKATAN 2017 PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESIAPAN MAHASISWA ANGKATAN 2017  PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TAHUN 2020]
Preview
PDF (ANALISIS KESIAPAN MAHASISWA ANGKATAN 2017 PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TAHUN 2020) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Yuliani, Wina. 2020. Analisis Kesiapan Mahasiswa Angkatan 2017 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang Dalam Melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan Tahun 2020. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Lisda Nurjaleka S. S., M.Pd. Kata Kunci: Kesiapan PPL, bersifat fisik, bersifat non fisik. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan kurikuler yang bertujuan untuk melatih dan memberikan bekal kepada mahasiswa kependidikan agar memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profresional, dan sosial. Selain itu, mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebelum melaksanakan PPL salah satunya harus menempuh mata kuliah microteaching. Dari mata kuliah microteaching diharapkan mahasiswa dapat mengajar dan mempersiapkan perangkat pembelajaran secara baik. Namun, mahasiswa kurang optimal dalam mengajar, yaitu dalam mengalokasikan waktu, menjelaskan materi, dan pengelolaan kelas. Berdasarkan hal tersebut perlu dilaksanakan suatu penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan bersifat fisik dan kesiapan bersifat non fisik mahasiswa yang akan melaksanakan PPL 2020. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang angkatan 2017 yang akan melaksanakan PPL pada tahun 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif prosentase. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang angkatan 2017 termasuk dalam kategori siap atau tinggi sebesar 73,20% dalam melaksanakan PPL pada tahun 2020. Berikut dengan lebih rinci, yang termasuk dalam kategori sangat siap, yaitu 1) etika berkomunikasi (84,61%) 2) menyusun RPP (78,69%). Kemudian yang termasuk dalam kategori siap, yaitu 1) kondisi mental (62,50%), 2) menentukan metode pembelajaran (64,96%), 3) etika penampilan (77,95%).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan PPL, bersifat fisik, bersifat non fisik
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Dec 2020 08:15
Last Modified: 21 Dec 2020 08:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42264

Actions (login required)

View Item View Item