UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SIDEKEM (SISTEM INFORMASI DESA DAN KAWASAN PEMALANG) DI DESA KUTA KABUPATEN PEMALANG


Mia Farhatania, 3301416059 (2020) UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SIDEKEM (SISTEM INFORMASI DESA DAN KAWASAN PEMALANG) DI DESA KUTA KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3301416059.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (921kB) | Preview

Abstract

Pemerintah sebagai “publik service” sudah sewajarnya apabila melaksanakan pelayanan yang baik dan prima sesuai dengan keinginan masyarakat yaitu pelayanan yang bersifat profesional, efektif, efisien, transparan, terbuka, tepat waktu, dan responsif. Namun demikian, pada kenyataanya masih banyak pelayanan yang jauh dari sifat seperti itu. Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Pemalang melalui relawan TIK menciptakan aplikasi bernama SIDEKEM sebagai upaya peningkatan pelayanan publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) upaya peningkatan pelayanan publik melalui aplikasi SIDEKEM di Desa Kuta Kabupaten Pemalang; 2) kendala-kendala yang dihadapi oleh pemerintah Desa Kuta dalam Pelaksanaan aplikasi SIDEKEM; 3) dampak setelah menggunakan Aplikasi SIDEKEM sebagai aplikasi pelayanan publik di Desa Kuta Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Kuta, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, operator aplikasi SIDEKEM dan beberapa masyarakat Desa Kuta. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data atau sumber. Tahap analisis data yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) upaya peningkatan pelayanan publik melalui Aplikasi SIDEKEM sudah memenuhi unsur prinsip-prinsip pelayanan publik; 2) kendala-kendala yang dihadapi oleh pemerintah Desa Kuta yaitu kendala internal dari Aplikasi SIDEKEM dan koneksi internet walaupun hanya beberapa kali terjadi sehingga pelayanan Aplikasi SIDEKEM masih dinilai baik, yang kedua adalah kendala eksternal yaitu dari masyarakat yang memiliki keterbatasan pengetahuan teknologi; 3) dampak setelah menggunakan Aplikasi SIDEKEM bagi pemerintah Desa Kuta adalah pemerintah merasa lebih terbantu dengan adanya Aplikasi SIDEKEM, dampak bagi masyarakat adalah masyarakat merasa pelayanan lebih mudah, cepat, responsif, transparan dan prosedurnya tidak terbelit-belit. Saran yang dapat diberikan bagi pemerintah Desa Kuta yaitu dengan memperbaharui Aplikasi SIDEKEM sehingga tidak mengalami kendala pada saat penggunaannya, Aplikasi SIDEKEM tidak hanya dapat diakses di kantor pelayanan saja namun juga dapat diakses di rumah dengan tetap dalam pengawasan pemerintah Desa Kuta, selain itu perlu menambahkan fasilitas pendukung seperti tempat parkir dan toilet untuk masyarakat. Selanjutnya pemerintah Desa Kuta melakukan sosialisasi bersama masyarakat Desa Kuta agar masyarakat lebih dapat mengetahui bagaimana cara menggunakan Aplikasi SIDEKEM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Aplikasi SIDEKEM.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 21 Dec 2020 07:25
Last Modified: 21 Dec 2020 07:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42263

Actions (login required)

View Item View Item