PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK ASUH DALAM PROGRAM FAMILY BASED CARE DI SOS CHILDREN’S VILLAGE SEMARANG


Kresna Bayu Perdana, 3301416057 (2020) PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK ASUH DALAM PROGRAM FAMILY BASED CARE DI SOS CHILDREN’S VILLAGE SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3301416057.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan lingkungan yang paling dekat dengan anak. Sebagian besar waktu anak juga dihabiskan di dalam keluarga. Keluarga memegang peran penting dalam proses pendidikan karakter pada anak. Namun, tidak semua anak beruntung untuk mendapatkan kasih sayang dan pendidikan di dalam keluarga. Banyak diantara mereka berstatus sebagai anak terlantar karena ditinggal pergi oleh orangtuanya ataupun ketidakmampuan orangtua dalam menjamin tumbuh dan kembang anak. Anak terlantar yang tidak terurus dikhawatirkan akan tumbuh sebagai pribadi yang memiliki karakter kurang baik sehingga melakukan tindakan- tindakan menyimpang. Oleh karena itu, SOS Children’s Village Semarang melalui program Family Based Care membantu mengasuh anak-anak terlantar untuk dapat merasakan kembali kasih sayang keluarga dan juga memperoleh pendidikan karakter dari orangtua asuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pendidikan karakter pada anak asuh dalam program Family Based Care di SOS Children’s Village Semarang; 2) nilai-nilai karakter yang ditanamkan pada anak asuh di SOS Children’s Village Semarang; 3) faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter pada anak asuh dalam program Family Based Care di SOS Children’s Village Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilakukan di SOS Children’s Village Semarang yang berlokasi di Jl. Durian KM. 1, Pedalangan, Banyumanik, Kota Semarang. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Informan dalam penelitian ini meliputi pengurus, ibu asuh dan anak asuh di SOS Children’s Village Semarang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pendidikan karakter pada anak asuh dalam program Family Based Care di SOS Children’s Village Semarang dilaksanakan di dalam keluarga dengan menyisipkan nilai-nilai pendidikan karakter pada kegiatan-kegiatan keseharian anak asuh baik yang telah terjadwal maupun insidental. Ibu asuh berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak asuhnya melalui beberapa metode seperti pembiasaan, keteladanan, nasihat, cerita, dan reward and punishment. Perkembangan anak asuh dikontrol oleh orangtua untuk memastikan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang diajarkan di keluarga tertanam pada diri anak serta mampu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kontrol sosial yang dilakukan bersifat preventif dan represif; 2) nilai- nilai pendidikan karakter yang ditanamkan pada anak asuh yaitu nilai karakter hubungannya dengan Tuhan, nilai karakter hubungannya dengan diri sendiri, nilai karakter hubungannya dengan sesama, dan nilai karakter hubungannya dengan lingkungan; 3) faktor pendukung pendidikan karakter pada anak asuh di SOS Children’s Village Semarang yaitu ibu asuh yang berkomitmen dan profesional, manajerial organisasi yang baik, dan sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat pendidikan karakter pada anak asuh di SOS Children’s Village Semarang yaitu pengaruh teman dari luar, perubahan fisik dan sosial lingkungan sekitar, dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Saran yang dapat peneliti rekomendasikan adalah: 1) Bagi SOS Children’s Village Semarang, diharapkan secara terus-menerus dan konsisten mempelajari dokumen-dokumen nasional dan internasional dalam hal pengasuhan anak khususnya tentang pendidikan karakter pada anak demi menciptakan model pendidikan karakter pada anak asuh menjadi lebih baik, efektif dan efisien; dan 2) Bagi ibu asuh, diharapkan dalam peningkatan kualitas mengasuh dan mendidik anak selain melalui training atau pelatihan berkala yang diprogramkan oleh SOS Children’s Village Semarang, juga secara mandiri untuk mempelajari sumber- sumber yang kredibel baik melalui buku ataupun jurnal-jurnal. Ibu asuh diharapkan mampu menciptakan suasana di rumah menjadi lebih hidup dan nyaman sehingga anak lebih suka menghabiskan waktu di rumah daripada di luar rumah sehingga memudahkan kontrol ibu asuh terhadap anak-anaknya. Ibu asuh juga diharapkan menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik dengan pihak sekolah terutama guru untuk memantau perkembangan anak asuh dan mengawasi perilakunya di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Anak Asuh, Pengasuhan, Keluarga
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 21 Dec 2020 07:23
Last Modified: 21 Dec 2020 07:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42262

Actions (login required)

View Item View Item