PENGARUH CARA BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES TERHADAP HASIL UJIAN JLPT N3


Putri Indriani, 2302415035 (2020) PENGARUH CARA BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES TERHADAP HASIL UJIAN JLPT N3. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH CARA BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES TERHADAP HASIL UJIAN JLPT N3]
Preview
PDF (PENGARUH CARA BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES TERHADAP HASIL UJIAN JLPT N3) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Indriani, Putri. Pengaruh Cara Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES Terhadap Hasil Ujian JLPT N3. Pembimbing I: Lispridona Diner, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengaruh, Cara Belajar, Hasil Ujian JLPT N3. Japanese Languange Proficiency Test (JLPT) merupakan tes kemampuan bahasa Jepang yang ditujukan bagi para penutur asing bahasa Jepang. Ada 5 tingkatan dalam JLPT yaitu N1-N5, dimana N1 merupakan tingkatan tertinggi dan N5 tingkatan terendah. Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES tidak memberikan aturan secara tertulis mengenai mahasiswa yang harus mengikuti ujian tes kemampuan berbahasa Jepang (JLPT). Namun sesuai dengan tingkatannya, maka mahasiswa tingkat tiga dan mahasiswa tingkat akhir diharapkan telah lulus N3 atau setidaknya sudah pernah mengikuti ujian JLPT N3. Hasil studi pendahulian yang telah dilakukan menunjukkan sebagian besar mahasiswa yang lulus ujian JLPT N3 selain membaca materi dan latihan soal juga membuat jadwal belajar dan menambah cara belajarnya karena dibutuhkan cara belajar yang tepat untuk dapat lulus dengan hasil yang maksimal. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes Angkatan 2016 dan 2017 yang berjumlah 113 mahasiswa dan sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa yang sudah pernah mengikuti ujian JLPT N3 yang berjumlah 35 mahasiswa. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu cara belajar dan hasil ujian JLPT N3. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi linear dengan bantuan program SPSS v22. Hasil penelitian menunjukkan nilai r product moment, rhitung = 0,344 > rtabel = 0,334 dengan persamaan linear Y = 67,914+0,887X, yang berarti cara belajar berpengaruh positif terhadap hasil ujian JLPT N3. Hasil koefisien determinasi diperoleh nilai R^2=0,118, yang berarti besarnya pengaruh cara belajar terhadap hasil ujian JLPT N3 adalah sebesar 11,8%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Cara Belajar, Hasil Ujian JLPT N3.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Dec 2020 06:02
Last Modified: 21 Dec 2020 06:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42258

Actions (login required)

View Item View Item