REALITAS SOSIAL DALAM ROMAN LA NUIT SACRÉE KARYA TAHAR BEN JELLOUN KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK LUCIEN GOLDMANN


Anggit Bayu Murti Joharyani Saputro, 2311415042 (2020) REALITAS SOSIAL DALAM ROMAN LA NUIT SACRÉE KARYA TAHAR BEN JELLOUN KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK LUCIEN GOLDMANN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of REALITAS SOSIAL DALAM ROMAN LA NUIT SACRÉE KARYA  TAHAR BEN JELLOUN KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK  LUCIEN GOLDMANN]
Preview
PDF (REALITAS SOSIAL DALAM ROMAN LA NUIT SACRÉE KARYA TAHAR BEN JELLOUN KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK LUCIEN GOLDMANN)
Download (752kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Saputro, Anggit Bayu M. J. 2020. Realitas Sosial dalam Roman La Nuit Sacrée Karya Tahar Ben Jelloun Kajian Strukturalisme Genetik Lucien Goldmann. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Sunahrowi, S.S., M.A. Kata Kunci: Realitas Sosial, Subjek Kolektif, Pandangan Dunia, La Nuit Sacrée La Nuit Sacrée merupakan roman karya Tahar Ben Jelloun yang diterbitkan pada tahun 1987. Roman ini bercerita tentang kisah perjalanan mencari jati diri tokoh utama yaitu Zahra. Karya ini merupakan salah satu bentuk karya sastra yang diciptakan untuk menggambarkan kehidupan masyarakat di negara Maroko pada saat itu. Strukturalisme genetik adalah metode pendekatan sastra yang didasarkan pada unsur intrinsik dan ekstrinsik untuk memahami konteks historis pada masa karya sastra diciptakan. Analisis strukturalisme genetik Lucien Goldmann didasarkan pada lima aspek penting yaitu: struktur karya sastra, fakta kemanusiaan, subjek kolektif, pandangan dunia, dan dialektika. Penelitian atas roman La Nuit Sacrée ini menggunakan teori strukturalisme genetik dari Lucien Goldmann dengan analisis utama subjek kolektif dan pandangan dunia pengarang. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Fakta kemanusiaan, 2) Subjek kolektif, dan 3) Pandangan dunia pengarang dalam roman La Nuit Sacrée. Korpus data dalam penelitian ini adalah La Nuit Sacrée karya Tahar Ben Jelloun. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik, sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Simpulan yang didapat dari penelitian ini adalah roman La Nuit Sacrée merupakan kritik sosial Tahar terhadap kebiasaan masyarakat di negara Maroko yang masih melakukan tindak rasisme terhadap orang/kelompok masyarakat lain yang mempunyai kelainan fisik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Realitas Sosial, Subjek Kolektif, Pandangan Dunia, La Nuit Sacrée
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Dec 2020 05:13
Last Modified: 21 Dec 2020 05:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42252

Actions (login required)

View Item View Item