PENGARUH KEKUASAAN TERHADAP PERILAKU, GAYA HIDUP, DAN SEKSUALITAS PARA TOKOH DALAM ROMAN LA CURÉE KARYA ÉMILE ZOLA: KAJIAN DARI TEORI KEKUASAAN MICHEL FOUCAULT


Moh. Dicky Cahyadi, 2311414055 (2020) PENGARUH KEKUASAAN TERHADAP PERILAKU, GAYA HIDUP, DAN SEKSUALITAS PARA TOKOH DALAM ROMAN LA CURÉE KARYA ÉMILE ZOLA: KAJIAN DARI TEORI KEKUASAAN MICHEL FOUCAULT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEKUASAAN TERHADAP PERILAKU, GAYA HIDUP, DAN SEKSUALITAS PARA TOKOH DALAM ROMAN LA CURÉE KARYA ÉMILE ZOLA: KAJIAN DARI TEORI KEKUASAAN MICHEL FOUCAULT]
Preview
PDF (PENGARUH KEKUASAAN TERHADAP PERILAKU, GAYA HIDUP, DAN SEKSUALITAS PARA TOKOH DALAM ROMAN LA CURÉE KARYA ÉMILE ZOLA: KAJIAN DARI TEORI KEKUASAAN MICHEL FOUCAULT)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Cahyadi, Moh. Dicky. 2020. Pengaruh kekuasaan terhadap perilaku, gaya hidup, dan seksualitas para tokoh dalam roman La Curée karya Émile Zola: Kajian dari Teori Kekuasaan Michel Foucault. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Suluh Edhi Wibowo, S.S., M.Hum. Kata Kunci: La Curée, kekuasaan, seksualitas, gaya hidup. La Curée adalah roman yang ditulis oleh Émile Zola pada tahun 1871. Roman ini merupakan bagian kedua dari seri Les Rougon-Macquart. Roman La Curée dalam kisahnya merefleksikan kehidupan sosial pada abad ke-19. Latar dari kisah ini terjadi ketika Prancis mencapai masa kejayaannya. Hal ini ditandai dengan ditemukannya penemuan-penemuan baru yang mempermudah mobilitas manusia, seperti penemuan mesin-mesin dan transportasi. Perubahan itu memang membawa dampak positif. Namun, di balik itu semua, terdapat kebobrokan sosial dalam kemajuan itu. Revolusi menciptakan jurang pemisah yang cukup besar antara si kaya dan si miskin, sehingga muncul kapitalisme oleh kaum pemodal terhadap rakyat biasa yang merupakan pekerja, namun pemerintah membiarkan karena merasa untung dengan adanya pembangunan di wilayahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji pengaruh kekuasaan terhadap perilaku para tokoh dengan menggunakan teori kekuasaan Michel Foucault. Analisis dalam penelitian ini meliputi: proses kekuasaan, pengaruh kekuasaan terhadap perilaku dan gaya hidup kaum borjuis, serta pengaruh kekuasaan terhadap orientasi seksual para tokoh. Korpus data dalam penelitian ini adalah roman La Curée karya Émile Zola. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analitik, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik analisis isi. Simpulan yang didapat dari penelitian ini adalah kekuasaan merupakan sebuah strategi yang bisa terjadi di mana saja dan dilakukan oleh siapa saja, kekuasaan bekerja melalui normalisasi dan regulasi, serta bersifat produktif. Kekuasaan juga dapat mempengaruhi gaya hidup, perilaku seseorang dan orientasi seksual para tokoh dalam roman La Curée. Kata Kunci: La Curée, kekuasaan, seksualitas, gaya hidup.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: La Curée, kekuasaan, seksualitas, gaya hidup.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Dec 2020 05:05
Last Modified: 21 Dec 2020 05:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42251

Actions (login required)

View Item View Item