PENGEMBANGAN MEDIA BOGASA (BOARD GAME ARAB RAKSASA) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG


Deby Ayu Noormalasari, 2303416057 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BOGASA (BOARD GAME ARAB RAKSASA) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA BOGASA (BOARD GAME ARAB RAKSASA) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA BOGASA (BOARD GAME ARAB RAKSASA) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Noormalasari, Deby Ayu. 2020. “Pengembangan Media BOGASA (Board Game Arab Raksasa) Dalam Meningkatkanan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas XI SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : Darul Qutni, S.Pd.I., M.S.I., Kata Kunci : Media Pembelajaran, Bahasa Arab, Keterampilan Membaca,Board Game Penelitian ini didasari karena adanya permasalahan membaca bahasa Arab pada siswa kelas XI di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Permasalahan tersebut yaitu masih terdapat beberapa siswa yang masih belum bisa membaca dan menulis huruf Arab, sedangkan yang lainnya masih membaca teks bacaan dengan nada seperti membaca Al-Qur’an. Selain itu banyak siswa yang juga masih kesulitan ketika diminta untuk menjawab soal karena tidak mengetahui artinya. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini berupaya mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan keterammpilan membaca siswa dengan menggunakan media pembelajaran yang bernama BOGASA (Board Game Arab Raksasa). Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap Media BOGASA dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas XI SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang, 2) Bagaimana prototipe Media BOGASA dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas XI SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang, 3) Bagaimana validasi ahli dan guru serta analisis SWOT terhadap Media BOGASA dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas XI SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dan desain penelitian menggunakan Research and Develophment (R&D) hingga tahap kelima yaitu revisi desain setelah validasi oleh ahli. Data penelitian ini diperoleh menggunakan non tes berupa wawancara, observasi, angket, dan analisis SWOT. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan menunjukan guru dan siswa menghendaki adanya media BOGASA (Board Game Arab Raksasa) dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab yang meliputi kosakata, materi, dan evaluasi yang dikemas dalam bentuk permainan. Penilaian ahli media dan guru yang meliputi aspek penyajian/ tampilan memperoleh nilai rata- rata 89,5. Aspek kelayakan isi/materi memperoleh nilai rata-rata 91, dan pada aspek kelayakan grafis memperoleh nilai rata-rata 91. Dari seluruh aspek mendapatkan nilai rata- rata 90,5, berdasarkan paparan tersebut, maka dapat diketahui bahwa media pembelajaran BOGASA (Board Game Arab Raksasa) termasuk kategori sangat layak untuk digunakan. Analisis SWOT buku pegangan siswa dengan media pembelajaran BOGASA yaitu masing- masing media mempunyai kekuatan dan kelamahan, kekuatan pada produk lama bisa dipertahankan dedangkan kelemahan pada produk lama dapat dijadikan acuan untuk mengembangkan produk baru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media Pembelajaran, Bahasa Arab, Keterampilan Membaca,Board Game
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Dec 2020 04:58
Last Modified: 21 Dec 2020 04:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42250

Actions (login required)

View Item View Item